Isnaini, Lulu (2023) METODE TASMI’, MURAJA’AH DAN TADABBUR UNTUK MENINGKATKAN HAFALAN AYAT AL-QUR’AN SISWA PADA PELAJARAN AL-QUR’AN DI MI AL-HIKMAH TAMBUN SELATAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.
Text
BAB I.pdf Download (515kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (684kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (368kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (196kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (463kB) |
|
Text
PENDAHULUAN asli bruu.pdf Download (755kB) |
Abstract
ABSTRAK Lulu Isnaini, 41182911180074, “METODE TASMI’, MURAJA’AH DAN TADABBUR UNTUK MENINGKATKAN HAFALAN AYAT AL-QUR’AN SISWA PADA PELAJARAN AL-QUR’AN DI MI AL-HIKMAH TAMBUN SELATAN”. Prodi Pendidikan Agama Islam. Universitas Islam 45 Bekasi. 1445 H/2023 M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Metode Tasmi’, Muraja’ah dan Tadabbur Untuk Meningkatkan Hafalan Ayat Al-Qur’an Siswa Pada Pelajaran Al-Qur’an di MI Al-Hikmah Tambun Selatan. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih banyak nya siswa/i lulusan MI Al-Hikmah yang mengalami kesulitan dalam menghafal al-Qur’an yang menjadikan salah satu masalah serius yang dihadapi guru. Selain itu, siswa juga tidak bersemangat saat menghafal al-Qur’an pada pelajaran al-Qur’an yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang membosankan, serta ayat al-Qur’an yang sulit dihafal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis, yaitu suatu penelitian dengan menguraikan atau menggambarkan keadaan serta fakta yang berhubungan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi kepada kepala sekolah, guru al-Qur’an, siswa dan wali murid MI Al-Hikmah. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode tasmi’, muraja’ah dan tadabbur untuk meningkatkan hafalan ayat al-qur’an siswa pada pelajaran al-Qur’an di MI Al-Hikmah Tambun Selatan sudah berjalan dengan baik dan sangat berdampak positif dalam hafalan siswa hal ini terbukti dengan kualitas hafalan para siswa semakin meningkat hafalannya setelah menggunakan metode tasmi’, muraja’ah dan tadabbur. Adapun faktor pendukung dari metode tasmi’, muraja’ah dan tadabbur adalah guru yang memiliki keahlian bidang al-Qur’an, metode pembelajaran guru yang tepat, dan orang tua yang kooperatif dalam membantu anak menghafal al-Qur’an. Namun selain itu terdapat faktor yang dapat menghambat keberhasilan dari proses penghafalan al-Qur’an siswa, diantaranya faktor penghambat ialah ruang dan alokasi waktu yang terbatas, serta perbedaan karakter dan kemampuan anak dalam menghafal. Kata Kunci : Metode Tasmi, Muraja’ah dan Tadabbur, al-Qur’an
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
||||||
Keywords / Kata Kunci: | Kata Kunci : Metode Tasmi, Muraja’ah dan Tadabbur, al-Qur’an | ||||||
Subjects: | Pendidikan Agama Islam | ||||||
Faculty: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 | ||||||
Depositing User: | MS Lulu Isnaini | ||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2023 09:10 | ||||||
Last Modified: | 16 Aug 2023 09:10 | ||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/3717 |
Actions (login required)
View Item |