UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DI SDN WANASARI 12

Widyaningrum, Annisa Ayu (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DI SDN WANASARI 12. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (809kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (571kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (429kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (653kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas III di SDN Wanasari 12. Hal ini dapat dilihat ketika proses pembelajaraberlangsung siswa pasif, siswa masih sangat kurang dalam merespon pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa pada materi sifat-sifat dan perubahan wujud benda. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III melalui model pembelajaran Inkuiri di SDN Wanasari 12. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN Wanasari 12 dengan jumlah 36 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus kegiatan dalam PTK terdiri dari empat tahap kegiatan pokok, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes tertulis dan observasi. Kriteria keberhasilan pada penelitian ini yaitu sebesar 80% dengan nilai KKM 75. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa di setiap siklusnya. Presentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 67% dengan nilai rata-rata 74. Kemudian presentase ketuntasan klasikal pada siklus II sebesar 86% dengan nilai rata-rata 81. Pada setiap nilai rata-rata per siklusnya mengalami peningkatan yaitu sebesar 26,5%. Dengan demikian penelitian diberhentikan karena telah mencapai presentase ketuntasan klasikal yaitu 80% pada mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran Inkuiri di SDN Wanasari 12. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar, IPA

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDSumirat, Fanny0426107901
UNSPECIFIEDRikmasari, Rima0404108202
Keywords / Kata Kunci: Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar, IPA
Subjects: Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: ms annisa ayu
Date Deposited: 18 Aug 2023 07:55
Last Modified: 18 Aug 2023 07:55
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/3671

Actions (login required)

View Item View Item