PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE SISWA KELAS III SDN BOJONG RAWALUMBU X KOTA BEKASI TIMUR

Lumintang, Annisa Nurul (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE SISWA KELAS III SDN BOJONG RAWALUMBU X KOTA BEKASI TIMUR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)

Abstract

Peneliti dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS di kelas III SDN Bojong Rawalumbu X Kota Bekasi Timur. Hal ini dapat dilihat dari 1) Siswa kurang memahami materi pembelajaran: 2) Siswa masih takut untuk bertanya kepada guru: 3) Siswa masih kesulitan ketika mengelompokkan materi Perkembangan Transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Bojong Rawalumbu X Kota Bekasi Timur mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus atau putaran kegiatan PTK dilakukan empat kegiatan pokok, yaitu perencaan, melaksanakan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 31 siswa. Data pengumpulan ini menggunakan teknik pengumpulan ini berupa tes tertulis dan observasi. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila 80% dari jumlah siswa mencapai nilai KKM yang ditetapkan yaitu 75. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan presentase ketuntasan klasikal pada setiap siklusnya. Pada siklus I sebesar 45% dengan rata-rata nilai 70 dan siklus II sebesar 84% dengan rata-rata nilai 81. Lalu siklus diberhentikan karena telah mencapai target nilai ketuntasan klasikal 80% pada mata pelajaran IPS di SDN Bojong Rawalumbu X Kota Bekasi melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Kata kunci : Model Pembelajaran Think Pair Share, Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDSundari, Kori0404107203
UNSPECIFIEDAmin, Amin0414037001
Keywords / Kata Kunci: Keywords : Learning Model Think Pair Share, Learning Outcomes, Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: Psikologi Pendidikan
Sumber Daya Manusia
Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: ms annisa nurul
Date Deposited: 18 Aug 2023 08:07
Last Modified: 18 Aug 2023 08:07
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/3623

Actions (login required)

View Item View Item