Implementasi Metode Mind Mapping Terhadap Pemahaman Tajwid Materi Hukum Mad di Rumah Juara Bekasi Utara.

Maulidia, Eka (2023) Implementasi Metode Mind Mapping Terhadap Pemahaman Tajwid Materi Hukum Mad di Rumah Juara Bekasi Utara. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN EKA.pdf

Download (828kB)
[img] Text
BAB 1 EKA.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB 2 EKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 EKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 EKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 EKA.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (240kB)

Abstract

Eka Maulidia, NIM 41182911190014. Implementasi Metode Mind Mapping Terhadap Pemahaman Tajwid Materi Hukum Mad di Rumah Juara Bekasi Utara. Skripsi. Program Studi Agama Islam Universitas Islam “45” Bekasi 2023/1445 H. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode Mind Mapping terhadap pemahaman tajwid materi hukum Mad di Rumah Juara Bekasi. Karena permasalahan membaca Al-Qur’an yang tidak sesuai tajwid dengan bener sering kali terlihat pada saat membaca Al-Qur’an. Hal ini mungkin dapat disebabkan karena minimnya pemahaman tajwid yang dimiliki pada tiap individu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan sumber primer wawancara dan sumber sekunder adalah jurnal atau buku yang relevan dengan penelitian ini. Adapun Implementasi Metode Mind Mapping terhadap Pemahaman Tajwid Materi Mad di Rumah Juara Bekasi Utara diantaranya: 1) tahap perencanaan, mempersiapkan hal-hal apa saja yang akan diperlukan dalam penelitian, seperti; pemilihan metode pembelajaran, persiapan peralatan pembelajaran dll. 2) tahap pelaksanaan, terdiri dari tiga alur yakni; a) pendahuluan (salam pembuka, doa, murojaah bersama, penyampaian tujuan pembelajaran, pembagian kelompok, pembagian karton dan peralatan lainnya), b) Inti (membuat Mind Mapping. Ada yang menggambar, menulis, dan mewarnai), c) Penutup, menceritakan kembali mengenai mind mapping, dilanjutkan dengan penutup dan doa. 3) Evaluasi melihat tingkat keberhasilan dari metode yang digunakan. Faktor pendukung Mind Mapping tingginya minat belajar siswa, Kekompakan antar kelompok sarana dan prasarana yang lengkap. Adapun beberapa faktor penghambat dalam proses pembelajaran Mind Mapping di Rumah Juara yakni; kurang kompaknya kelompok, kurang kerjasama, peserta didik asyik ramai sendiri, dan kurangnya waktu yang efisien.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDGunawan, Akmal Rizki0410049201
Keywords / Kata Kunci: mind mapping, tajwid, al-qur’an, hukum mad, rumah juar
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Agama Islam
Faculty: Fakultas Agama Islam > Perbankan Syariah S1
Depositing User: Eka Maulidia
Date Deposited: 09 Aug 2023 03:39
Last Modified: 09 Aug 2023 03:39
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/3210

Actions (login required)

View Item View Item