Harga diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap Resiliensi siswa dengan pengalaman Bullying SMAN 2 CIKARANG PUSAT

Noviana, Noviana (2023) Harga diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap Resiliensi siswa dengan pengalaman Bullying SMAN 2 CIKARANG PUSAT. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.

[img] Text
COVER-RINGKASAN_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I-1.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB II-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-1.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-5.pdf

Download (23kB)

Abstract

Perundungan/bullying adalah tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk menyakiti pihak lain, baik secara verbal, psikis sosial maupun cyber sehingga merugikan. Maraknya kasus perundungan terutama di lingkungan sekolah perlu menjadi perhatian kita bersama terutama sebagai upaya pencegahan agar pihak terkait mampu mencermati faktor yang terlihat didalamnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh harga diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap resiliensi siswa dengan pengalaman bullying di SMAN 2 Cikarang Pusat Kab. Bekasi. Bagi siswa yang menjadi korban, resiliensi merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki sehingga mampu bangkit dan melanjutkan hidup yang lebih baik harga diri dan dukungan sosial teman sebaya merupakan faktor yang dapat memunculkan Resiliensi. Instrumen pengukuran harga diri menggunakan skala psikologi yang dibuat berdasarkan teori harga diri dari Noesjirwan (2001) yang diadaptasi kembali oleh Azzuri (2018) dengan hasil validitas yaitu (0,288 s/d 0,622) dan dengan hasil realibilitas yaitu (0,865), Untuk instrumen Skala dukungan sosial teman sebaya dimodifikasi dari teori Sarafino (1994) oleh Fadilah (2022) dengan hasil validitas yaitu (0,267 s/d 0,706) dan dengan hasil realibilitas yaitu (0,904). Instrumen Resiliensi yang menggunakan Skala Riselensi dioperasionalkan berdasarkan teori Reivich dan Shatte (2002) dengan hasil validitas yaitu (0,301 s/d 0,676) dan dengan hasil realibilitas yaitu (0,871). Partisipan penelitian ini berjumlah 150 Siswa-siswi SMAN 2 Cikarang Pusat Kab. Bekasi. Subjek memiliki pengalaman menjadi korban perundungan. Melalui teknik analisis Rank Spearman diketahui terdapat hubungan positif yang signifikan antara harga diri dengan resiliensi (r = 0,275, n 149, p = 0,001), terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan resiliensi (r = 0,253, n 149, p = 0,002), dan melalui teknik analisis regresi linear berganda, didapatkan hasil bahwa harga diri dan dukungan sosial teman sebaya mampu memberikan pengaruh sumbangan terhadap resiliensi, sebesar 14,1% (Sig. F = 0,000, R Square = 0,141). Kata Kunci: harga diri, dukungan sosial teman sebaya, resiliensi

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDEkasari, Agustina0420087303
Keywords / Kata Kunci: harga diri, dukungan sosial teman sebaya, resiliensi
Subjects: Psikologi Pendidikan
Faculty: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi S1
Depositing User: Ms. Noviana Noviana
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:23
Last Modified: 02 Aug 2023 04:23
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/3104

Actions (login required)

View Item View Item