Riyani, Ine (2023) Analisis Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Metode Demonstrasi Di Sekolah Dasar. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.
Text
Pendahuluan Ine.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (112kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (35kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar berbagai wilayah Indonesia, hal ini ditandai dengan banyaknya siswa yang belum mencapai ketuntasan minimum (KKM). Permasalahan tersebut disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar IPA dengan menggunakan metode demonstrasi pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yakni Systematic Literature Review (SLR) merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengkaji hasil dari peneliti terdahulu secara sistematis berdasarkan suatu tema penelitian yang telah ditetapkan sebelumnya. Penelitian ini menganalisis 22 artikel jurnal yang berkaitan dengan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa yang sesuai dengan kriteria inklusi yakni terindeks database Google Scholar jurnal publikasi dari rentang tahun 8 tahun terakhir (2014-2022) bersubjek siswa sekolah dasar. Dari 22 artikel jurnal PTK terdapat 1 artikel jurnal yang menggunakan metode eksperimen. Dari 22 artikel jurnal peneliti menganalisis dari berbagai aspek yakni: 1) Berdasarkan tahun terbit 5 tahun terakhir 2018-20122; 2) Berdasarkan wilayah; 3) Metode penelitian yang digunakan; 4) Berdasarkan penerapan di kelas rendah dan kelas tinggi; 5) Berdasarkan materi yang dapat digunakan; 6) Berdasarkan analisis indikator hasil belajar; 7) Berdasarkan berbantuan media dan tidak berbantuan media. Berdasarkan hasil penelitian metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar pada kelas rendah maupun kelas tinggi, penggunaan metode demonstrasi menunjukan kesimpulan bahwa metode demonstrasi memberikan pengaruh positif serta dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Subjects: | Jurnalistik | |||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | Ms. Ine Riyani | |||||||||
Date Deposited: | 09 Jun 2023 03:47 | |||||||||
Last Modified: | 09 Jun 2023 03:47 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/2795 |
Actions (login required)
View Item |