Gambaran Efektivitas Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa SD Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

Kurnia, Novi Indah (2022) Gambaran Efektivitas Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa SD Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam ''45'' Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa SD. Hal ini dapat dilihat dalam pembelajaran guru lebih sering menggunakan metode konvensional atau ceramah. Hal tersebut menjadikan pembelajaran tidak efektif dan kurang terjadinya interaksi antara guru dan siswa. Akibatnya siswa menjadi kurang akif dan berpikir bahwa kegiatan belajar menjadi hal yang membosankan, kurang menarik, dan pembelajaran sulit untuk dipahami yaitu siswa kesulitan menentukan ide pokok, kesulitan menangkap makna, kesulitan membuat kesimpulan dan kesulitan menyampaikan kembali isi teks bacaan menggunakan bahasanya sendiri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran efektivitas metode SQ3R terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa SD. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR). Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan artikel ilmiah berdasarkan kriteria inklusi, sehingga diperoleh 20 artikel ilmiah untuk dianalisis. Terdapat 17 artikel (PTK) , 2 Eksperimen, dan 1 Deskriptif Kualitatif. Dan jika dilihat dari artikel, yang paling banyak melakukan penelitian berada di kelas tinggi yaitu VI dan V. Semua artikel yang telah direview 100% mengalami peningkatan keterampilan membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDAningsih, Aningsih0406018202
UNSPECIFIEDMujiani, Dwi Safitri0423087904
Subjects: Penelitian Tindakan Kelas
Panduan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 16 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2022 06:47
Last Modified: 14 Jul 2022 06:47
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/256

Actions (login required)

View Item View Item