ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DI SEKOLAH DASAR

Murni, Lingga (2023) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DI SEKOLAH DASAR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.

[img] Text
01 PENDAHULUAN.pdf

Download (8MB)
[img] Text
02 BAB 1.pdf

Download (317kB)
[img] Text
03 BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (796kB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB 5.pdf

Download (190kB)
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Lingga Murni Program Studi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar Judul : Analisis Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya keterampilan siswa dalam membuat karangan deskripsi dilihat dari nilai yang dimiliki siswa dibawah KKM. Permasalahan tersebut disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis karangan deskripsi serta kurangnya guru berinovasi dalam pembelajaran dengan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan adanya pengaruh keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran Picture And Picture mulai dari perencanaan, implementasi dan bagaimana dampaknya terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi di sekolah dasar. Metode peneltian yang digunakan yakni Systematic Literature Review (SLR), merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengkaji hasil dari penelitian sebelumnya secara sistematis berdasarkan suatu tema penelitian untuk menjawab pertanyaan penelitian yang telah ditetapkan seblumnya. Penelitian ini menganalisis 16 jurnal berkaitan dengan model pembelajaran Picture and Picture dan keterampilan menulis karangan deskipsi di sekolah dasar yang sesuai dengan kriteria inklusi yaitu terindeks database google scholar, jurnal dipublikasi pada 10 tahun terakhir yaitu 2012-2022, subjek siswa sekolah dasar, jurnal sesuai dengan topik bahasan peneliti, jurnal dapat diakses/diunduh secara penuh dan jurnal menggunakan bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian model pembelajaran Picture and Picture berpengaruh dan dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa sekolah dasar terutama pada siswa kelas rendah, karena siswa kelas rendah senang menggunakan gambar-gambar sebagai media pembelajaran yang konkret sehingga mereka dapat lebih mudah menerima materi yang diajarkan, model pembelajran Picture and Picture menggunakan gambar sebagai medianya yang dapat meningkatkan imajinasi dan memudahkan mereka dalam menulis karangan deskripsi. Dengan demikian model pembelajaran Picture and Picture memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi di sekolah dasar. Kata Kunci : Picture And Picture, Menulis Karangan Deskripsi, Di Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDSugiharti, Rini Endah0411097804
UNSPECIFIEDBudianti, Yudi0424017102
Keywords / Kata Kunci: Picture And Picture, Menulis Karangan Deskripsi, Di Sekolah Dasar
Subjects: Deskriptif
Eksperimen
Penelitian Tindakan Kelas
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Lingga Lingga Murni
Date Deposited: 22 Feb 2023 08:01
Last Modified: 22 Feb 2023 08:01
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/2362

Actions (login required)

View Item View Item