Hidayanti, Nur Fitri (2022) METODE PEMBELAJARAN STORY TELLING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SEKOLAH DASAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.
Text
Pendahuluan.pdf Download (425kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (272kB) |
|
Text
BAB II .pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III .pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (89kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode story telling terhadap keterampilan berbicara siswa sekolah dasar pada pelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah Sistematis literature riview dari 20 jurnal pada tahun 2012-2022. Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar masih kurang diminati oleh siswa terutama dalam keterampilan berbicara. Diketahui bahwa keterampilan berbicara belum tercapai secara optimal, masih banyak siswa takut untuk mengemukakan pendapat, malu bertanya, tidak percaya diri didalam berkomunikasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa di sekolah dasar dengan menggunakan metode story telling. Penelitian yang digunakan adalah Metode Peninjauan Sistematis literature riview. artikel penelitian dipublikasikan pada tahun (10 tahun terakhir) 75% tidak Ter-akreditasi dan 25% Ter-akreditasi, yang dipakai 20 Jurnal, Studi penenlitian membahas mengenai metode pembelajaran Story Telling terhadap keterampilan berbicara, Variable independen dalam artikel penelitian ini adalah keterampilan berbicara dan metode story telling, Jurnal menggunakan bahasa Indonesia. Melalui metode story telling terhadap keterampilan berbicara siswa ini dapat disimpulkan untuk di kelas atas lebih dominan dipakai dibanding siswa kelas bawah karena dapat mengembangkan keterampilan berbicara siswa, dan siswa kelas atas lebih mudah merangkai kata menjadi sebuah kalimat lalu diceritakan. Dengan adanya penggunaan media dan tidak menggunakan media siswa lebih efektif menggunakan media karena dapat menarik daya minat anak untuk membaca & menceritakan. bahwa metode pembelajaran story telling terhadap keterampilan berbicara dapat berpengaruh ataupun dapat meningkatkan pemecahan masalah peserta didik. Metode pembelajaran story telling terhadap keterampilan berbicara terdapat respon positif yang diberikan oleh peserta didik. Sehingga metode story telling ini memudahkan siswa dalam berbicara. Kata kunci : metode story telling, keterampilan berbicara, sekolah dasar
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Subjects: | Penelitian Tindakan Kelas | |||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | Users 16 not found. | |||||||||
Date Deposited: | 17 Jun 2022 04:09 | |||||||||
Last Modified: | 17 Jun 2022 04:09 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/168 |
Actions (login required)
View Item |