STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENDISIPLINKAN IBADAH SHALAT LIMA WAKTU SISWA DIMASA PJJ DI SMPIT AL FATH CIBITUNG-KABUPATEN BEKASI

Nuryanah, Yanah (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENDISIPLINKAN IBADAH SHALAT LIMA WAKTU SISWA DIMASA PJJ DI SMPIT AL FATH CIBITUNG-KABUPATEN BEKASI. Magister (S2) thesis, UNIVERSITAS ISLAM "45" BEKASI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (80kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (115kB)

Abstract

Perubahan strategi pembelajaran pada masa pandemi yang dilakukan di rumah dengan metode daring, segogyanya difahami oleh guru tidak hanya sekedar menyelesaikan kurikulum pembelajaran, pembelajaran tidak hanya sekedar transfer knowledge dengan menyampaikan materi ataupun memberi tugas tetapi ada nilai atau karakter yang tetap harus ditanamkan dan dibangun pada siswa. Tujuan penelitian ini intuk; 1) mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam medisiplinkan ibadah shalat lima waktu siswa dimasa PJJ, 2) mengetahui kedisiplinan siswa dalam menjalankan ibadah lima waktu dimasa PJJ dan 3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam medisiplinkan siswa menjalankan ibadah shalat lima waktu dimasa PJJ. Metode penelitian ini metode kualitatif deksriptif, yaitu penelitian yang digunakan untuk meneliti suatu keadaan atau fenomena alami tentang perilaku, persepsi, aktifitas sosial, sifat, dan pemikiran orang secara perorangan maupun kelompok dengan cara deskripsi. Hasil penelitian; 1) Strategi guru pendidikan agama islam dalam mendisiplinkan ibadah shalat lima waktu siswa dimasa Pjj antara lain: 1. Perencanaan: menetapkan metode, 2. Pelaksanaan dan monitoring; melibatkan wali murid untuk memberikan laporan melalui google zoom, whatshap goup dan google classroom dan 3. Evaluasi menyeluruh strategi yang digunakan baik perencanan, pelaksanaan dan hasil kegiatan, 2) Kedisiplinan ibadah shalat lima waktu siswa dimasa PJJ masih sama dengan masa normal, hal ini karena melibatan wali murid untuk meneladani, menasehati dan membiasakan ibadah sholat berjamaah di rumah dan 3) Faktor pendukung antara lain: Sosialisasi dinas terkait antara lain: Panduan PJJ, fasilitas daring dari sekolah dan keterlibatan wali murid yang cukup rosponsif. Faktor penghambat: Tidak semua siswa memiliki HP/Android, Kuota yang tidak mencukupi, banyak yang kurangn faham IT pada siswa, tidak semua perangkat mendukung aplikasi yang digunakan, Faktor ekonomi orang tua terdampak pandemic dan kurangnya minat siswa terhadap PJJ. Kesimpulan hasil penelitian ini: 1) Strategi melitputi: Perencanaan, pelaksanaan dan monitoring dan evaluasi menyeluruh strategi yang digunakan baik perencanan, pelaksanaan dan hasil kegiatan, 2) Kedisiplinan ibadah shalat lima waktu siswa dimasa PJJ cukup baik, 3) Faktor pendukung antara lain: keterlibatan wali murid yang cukup rosponsif. Faktor penghambat: Tidak semua siswa memiliki HP/Android dan banyak yang kurangn faham IT pada siswa dan orang tua siswa. Kata kunci: strategi, guru Pendidikan Agama Islam, medisiplinkan ibadah shalat, Pembelajaran Jarak Jauh

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Magister (S2))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDKhoir, Abdul0424026901
UNSPECIFIEDHaryono, Pauzan0407067607
Keywords / Kata Kunci: strategi, guru Pendidikan Agama Islam, medisiplinkan ibadah shalat, Pembelajaran Jarak Jauh
Subjects: Manajemen Sumber Daya Manusia
Sumber Daya Manusia
Pendidikan Agama Islam
Faculty: Sekolah Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam S2
Depositing User: Ms. Yanah Nuryanah
Date Deposited: 13 Oct 2022 08:05
Last Modified: 13 Oct 2022 08:05
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/1369

Actions (login required)

View Item View Item