Implementasi Pembelalajran Kitab Ta'lim Al-Muta'allim Dalam Membentuk Karakter Murid Di MTs Arriyad Desa Sukamurni Kecamatan Sukatani Kabupaten Bekasi

SUDIRMAN, SUDIRMAN (2022) Implementasi Pembelalajran Kitab Ta'lim Al-Muta'allim Dalam Membentuk Karakter Murid Di MTs Arriyad Desa Sukamurni Kecamatan Sukatani Kabupaten Bekasi. Magister (S2) thesis, UNIVERSITAS ISLAM "45" BEKASI.

[img] Text
00 COVER - MUKADIMAH.pdf

Download (959kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (895kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)

Abstract

ABSTRAK Sudirman (41189903200005). Implementasi Pembelajaran Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Dalam Membentuk Karakter Murid di MTs. Arriyad Desa Sukamurni Kecamatan Sukakarya Kabupaten Bekasi. Magister Pendidikan Agama Islam. Sekolah Pascasarjana UNISMA Bekasi. Perlahan etika guru semakin jauh dari keakhiratan. Karena itu, tata cara menuntut ilmu perlu dibuka kembali agar murid tidak terjerumus lebih jauh. Pemikiran Syekh Az-Zarnuji dalam kitab Ta’lim Al-Muta’allim bisa dijadikan solusi alternatif bagi persoalan ini. Oleh karena itu kitab ini di ajarkan di lembaga pendidikan yaitu sekolah yang meliputi : pengkonsepan kegiatan pembelajaran, pelaksanaan konsep pembelajaran, dan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kitab Ta’lim Al-Muta’allim. Adapun penelitian dilakukan di MTs. Arriyad. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, berjenis studi kasus, dengan menggunakan metode deskriptif. Peneliti bertindak sebagai pelaksana, pengamat penuh, sekaligus pengumpul data, dan kehadiran diketahui sebagai peneliti. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun informan peneliti adalah, kepala sekolah, guru-guru dan murid di masing-masing lokasi penelitian. Data yang diperoleh lalu dianalisis dengan menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Humberman. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Selanjutnya hasil penelitian adalah : 1) mengkonsep pemebelajaran kitab Ta’lim Al-Muta’allim dilakukan dengan mengkajihal-hal dasar yang menjadi pondasi pemebelajaran, meliputi :mengkaji isi kitab, merumuskan tujuan, mengidentifikasi sumber daya, mendesain pembelajaran. 2) melaksanakan konsep kegiatan pemebelajaran kitab Ta’lim Al-Muta’allim, meliputi : pengontrolan terhadap kinerja kepala sekolah dan guru, melihat keadaan murid dan alat belajar, mengkoreksi metode belajar, dan menjaga motivasi semua yang terlibat dalam proses pembelajaran dengan metode komunikasi interaktif. 3) faktor pendukung dan penghambar pelaksanaan konsep kegiatan pembelajaran kitab Ta’lim Al-Muta’allim faktor pendukung, meliputi : sarana dan prasarana yang memadai, materi pembelajaran, dan guru yang mengajar. Faktor penghambat, meliputi : keterbatan kemampuan murid, dan keterbatasan pengalaman guru. Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran Kitab Ta’lim Al-Muta’allim,Karakter Murid.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Magister (S2))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDSUHARYAT, YAYAT0412123702
UNSPECIFIEDHARYONO, PAUZAN0407067607
Keywords / Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Kitab Ta’lim Al-Muta’allim,Karakter Murid.
Subjects: Etika
Pendidikan Agama Islam
Faculty: Sekolah Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam S2
Depositing User: Mr. Sudirman Sudirman
Date Deposited: 11 Oct 2022 06:39
Last Modified: 11 Oct 2022 06:39
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/1334

Actions (login required)

View Item View Item