ANALISIS PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Salsabila, Luthfia (2025) ANALISIS PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (761kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya artikel jurnal yang membahas tentang rendahnya keterampilan berbicara siswa sekolah dasar. Adapun rendahnya keterampilan berbicara ditandai dengan siswa yang bersikap pasif, kesulitan mengemukakan pendapat, kosa kata yang terbatas, pelafalan yang tidak jelas. Salah satu usaha yang dianggap efektif untuk mengatasi masalah ini adalah penerapan metode pembelajaran dan metode yang peneliti pilih yaitu metode role playing. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pelaksanaan metode role playing dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang diterapkan yaitu Systematic literature riview. Dalam penelitian ini dilakukan melalui proses pengumpulan data, yang mencakup identifikasi masalah, pencarian data, dan screening, ekstrasi dan riview. Artikel yang digunakan memiliki beberapa kriteria yaitu 10 tahun terakhir (2015-2025) dengan berkaitan dengan kata kunci “metode role playing”, “keterampilan berbicara”, “siswa sekolah dasar”, dan “mata pelajaran bahasa Indonesia” yang terindikasi oleh database Google scholar. Adapun temuan hasil telaah 25 artikel jurnal yaitu dalam penerapan metode role playing, kemudian ditinjau dari beberapa aspek yaitu; bedasarkan metode penelitian, bedasarkan media, berdasarkan tingkatan kelas baik kelas rendah dan kelas tinggi. Rekomendasi yang dapat diberikan kepada peneliti berikutnya dalam penerapan metode role playing yaitu berupa penggunaan media kartu karakter, karna media tersebut merupakan media yang konkrit dan dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa untuk belajar baik di kelas. Dengan demikian, berdasarkan hasil temuan yang telah dianalisis terdapat perbedaan hasil dalam penerapan metode role playing tapi secara keseluruhan penelitian ini dapat memberikan pengaruh positif serta dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDSugiharti, Rini Endah0411097804
UNSPECIFIEDDermawan, Deden Dicky0420109501
Keywords / Kata Kunci: Metode Role playing, Keterampilan berbicara, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Ms. Luthfia Salsabila
Date Deposited: 04 Nov 2025 07:07
Last Modified: 04 Nov 2025 07:07
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/8900

Actions (login required)

View Item View Item