Zen, Puad (2025) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DAN PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMA AL MA’MUR CIKARANG BARAT KABUPATEN BEKASI. Magister (S2) thesis, Universitas Islam 45.
![]() |
Text
TESIS_PUAD ZEN - COVER.pdf Download (879kB) |
![]() |
Text
TESIS_PUAD ZEN - BAB I.pdf Download (449kB) |
![]() |
Text
TESIS_PUAD ZEN - BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (771kB) | Request a copy |
![]() |
Text
TESIS_PUAD ZEN - BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) | Request a copy |
![]() |
Text
TESIS_PUAD ZEN - BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (864kB) | Request a copy |
![]() |
Text
TESIS_PUAD ZEN - BAB V.pdf Download (313kB) |
![]() |
Text
TESIS_PUAD ZEN - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (438kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis teknologi digital dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengembangan karakter religius siswa di SMA Al Ma’mur Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh pentingnya peran guru PAI dalam menghadapi tantangan pendidikan di era digital yang terus berkembang, di mana nilai-nilai keislaman perlu ditanamkan secara kontekstual dan interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI telah menerapkan berbagai strategi berbasis teknologi, seperti penggunaan Google Classroom, WhatsApp Group, video pembelajaran Islami, aplikasi kuis interaktif seperti Quizizz dan Kahoot, serta media sosial sebagai sarana komunikasi dan diskusi keagamaan. Strategi tersebut mampu meningkatkan motivasi belajar, partisipasi aktif, dan pemahaman materi ajar siswa. Lebih dari itu, penggunaan teknologi juga berkontribusi dalam pembentukan karakter religius siswa, seperti meningkatkan kedisiplinan ibadah, memperkuat nilai kejujuran, tanggung jawab, dan sikap toleransi. Namun demikian, masih terdapat kendala berupa keterbatasan infrastruktur digital, rendahnya literasi teknologi sebagian guru, dan tantangan dalam membimbing siswa menghadapi pengaruh negatif media sosial. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan adanya pelatihan digital bagi guru, dukungan kebijakan sekolah yang pro-teknologi, serta pengembangan kurikulum PAI yang terintegrasi dengan nilai-nilai karakter dan pendekatan digital. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan pembelajaran PAI yang adaptif dan kontekstual di era revolusi industri 4.0. Kata Kunci: Strategi Guru, Pendidikan Agama Islam, Teknologi Digital, Karakter Religius, Kualitas Pembelajaran
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Magister (S2)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Strategi Guru, Pendidikan Agama Islam, Teknologi Digital, Karakter Religius, Kualitas Pembelajaran | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Faculty: | Sekolah Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam S2 | |||||||||
Depositing User: | Mr. Puad Zen | |||||||||
Date Deposited: | 08 Sep 2025 04:40 | |||||||||
Last Modified: | 08 Sep 2025 04:40 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/8445 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |