IMPLEMENTASI METODE UMMI PADA PEMBELAJARAN AL-QUR`AN DI SDS IT AN-NAJMA 2 SERANG BARU BEKASI

Perawati, Gusti (2025) IMPLEMENTASI METODE UMMI PADA PEMBELAJARAN AL-QUR`AN DI SDS IT AN-NAJMA 2 SERANG BARU BEKASI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (917kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (655kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (260kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep metode Ummi pada pembelajaran Al-Qur`an dan untuk mengetahui proses implementasi metode Ummi pada Pembelajaran Al-Qur`an serta untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi metode Ummi pada pembelajaran Al-Qur`an di SDS IT An-Najma 2 Serang Baru Bekasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya tingkat tidak kenal huruf Al-Qur`an di Indonesia,padahal Indonesia merupakan mayoritas umat muslim terbanyak di dunia. Hal ini disebabkan karena banyaknya faktor seperti,pengaruh teknologi,kurangnya motivasi dalam belajar Al-Qur`an,minimnya perhatian dan dukungan orang tua serta metode pembelajaran yang tidak menarik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Konsep pembelajaran Al-Qur`an metode Ummi di SDS IT An-Najma 2 Serang Baru bekasi sudah dijalankan sesuai dengan ketentuan dari Ummi Foundation,dalam proses pelaksanaannya guru Ummi menerapkan 7 tahapan pembelajaran yaitu pembukaan, apersepsi, penanaman konsep,pemahaman konsep,latihan/keterampilan,evaluasi,dan penutup. (2) Implementasi metode Ummi membuahkan hasil bagi siswa seperti sudah bisa mengenal hukum panjang pendek dalam membaca Al-Qur`an serta hafal surat-surat pendek juz 30. (3) Faktor pendukung Metode Ummi yaitu : adanya guru yang profesional dalam mengajar,sertifikasi guru,dan faktor penghambatnya kurangnya tenaga pengajar metode Ummi dan kemampuan siswa dalam belajar bervariasi.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDSupriyanto, Agus0407086205
Keywords / Kata Kunci: Metode UMMI,Membaca Al-Qur`an,Al-Qur`an,Pembelajaran.
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Agama Islam
Faculty: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Ms. Gusti Perawati
Date Deposited: 06 Feb 2025 08:00
Last Modified: 06 Feb 2025 08:00
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/7233

Actions (login required)

View Item View Item