Lestari, Islah (2024) ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.
Text
Pendahuluan Islah Lestari fiks.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I PDF.pdf Download (156kB) |
|
Text
BAB II PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III PDF .pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (552kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V PDF.pdf Download (65kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf Download (97kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang ditandai dengan masih banyak anak-anak yang mengalami kesulitan dalam melmbaca, tidak melngelrti makna apa yang terdapat didalam bacaan, kelsulitan melmahami makna telks, tidak dapat melnguraikan kalimat, dan melnjawab pelrtanyaan yang belrkaitan delngan isi bacaan, walaupun melrelka sudah mampu melmbaca selcara telknis. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pelaksanaan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan menganalisis hasil-hasil yang telah di publikasi yang berkaitan dengan siswa di sekolah dasar. Dari sampel 19 artikel jurnal yang telah diterbitkan pada rentang delapan tahun terakhir yaitu tahun 2016-2024. Dari 19 artikel jurnal tersebut kemudian dianalisis dari berbagai aspek yaitu: (1) Ditinjau dari metodologi penelitian yang digunakan, (2) Ditinjau berdasarkan penerapan langkah-langkah model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di kelas rendah dan kelas atas, (3) Ditinjau berdasarkan wilayah jurnal. Berdasarkan analisis model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa di sekolah dasar. Penelitian ini memberikan rekomendasi pelaksanaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di kelas atas. Kata Kunci : Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Kemampuan Membaca Pemahaman, Siswa Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Kemampuan Membaca Pemahaman, Siswa Sekolah Dasar. | |||||||||
Subjects: | Pendidikan | |||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | ms ISLAH LESTARI | |||||||||
Date Deposited: | 31 Jul 2024 09:27 | |||||||||
Last Modified: | 31 Jul 2024 09:27 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/5731 |
Actions (login required)
View Item |