METODE RASULULLAH SAW DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ERA MODERNISASI DI INDONESIA (Studi Kitab Ar-Rasul Al-Mu’allim Wa Asalibuhu Fi At-Ta’lim)

SAPUTRI, RINA (2023) METODE RASULULLAH SAW DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ERA MODERNISASI DI INDONESIA (Studi Kitab Ar-Rasul Al-Mu’allim Wa Asalibuhu Fi At-Ta’lim). Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM 45 BEKASI.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Rina Saputri. 41182911190107. Metode Rasulullah Saw Dalam Pendidikan Karakter Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Agama Islam Era Modernisasi Di Indonesia (Studi Kitab Ar-Rasul Al-Muallim Wa Asalibuhu Fi At-Ta‟lim). Program Studi Pendidikan Agama Islam. Universitas Islam 45 Bekasi 2023 M/1444 H. (159 Halaman). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis metode pendidikan Rasulullah Saw yang dijelaskan dalam Kitab Ar-Rasul Al-Muallim Wa Asalibuhu Fi At-Ta‟lim dan relevansi metode pendidikan karakter yang dilakukan oleh Rasulullah Saw dengan pendidikan agama islam di era modernisasi di indonesia. Berdasarkan permasalahan tersebut, sangat jelas betapa krusial pendidikan karakter bagi peserta didik. Abdul Fattah Abu Ghuddah sendiri merupakan salah satu ulama basar pada bidang hadits salah satu karyanya yang terkenal yaitu Kitab Ar-Rasul Al Mu‟allim Wa Asalibuhu Fi At-Ta‟lim yang mengkaji tentang 40 metode pendidikan Rasulullah Saw. Hasil temuan dari penelitian ini adalah adanya nilai-nilai pendidikan karakter dari metode pendidikan Rasulullah Saw yaitu karakter Jujur, sabar, adil, ikhlas, amanah dan menepati janji, bertanggung jawab. Menjaga lisan, mengendalikan diri, menjauhi prasangka dan pergunjingan, lemah lembut, berbuat baik pada orang lain, mencintai sesama muslim, menjalin silaturahmi, malu berbuat jahad, hemat, hidup sederhana, bersedekah, tidak sombong, berupaya dengan sungguh-sungguh, bersyukur. Ditemukan juga bahwa nilai-nilai pendidikan karakter Rasulullah cukup relevan digunakan dalam menghadapi tantangan pendidikan Agama Islam Era Modernisasi di Indonesia. Kata Kunci: Metode pendidikan Rasulullah, Pendidikan karakter, Pendidikan Agama Islam, Modernisasi

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDGUNAWAN, AKMAL RIZKI0410049201
Keywords / Kata Kunci: Kata Kunci: Metode pendidikan Rasulullah, Pendidikan karakter, Pendidikan Agama Islam, Modernisasi
Subjects: Hukum Islam
Panduan
Pendidikan
Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Umum dan Karakter
Faculty: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Ms. Rina Saputri
Date Deposited: 13 Dec 2023 06:17
Last Modified: 13 Dec 2023 06:17
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/4526

Actions (login required)

View Item View Item