Januardi, Kartiko (2023) PENGARUH PELATIHAN MINDFULNESS TERHADAP KONTROL DIRI MAHASISWA PENGGUNA GAME ONLINE. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (768kB) |
|
Text
6. BAB I.pdf Download (147kB) |
|
Text
7. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) | Request a copy |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
|
Text
10. BAB V.pdf Download (35kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran mengenai pengaruh dari pelatihan mindfulness terhadap perilaku kontrol diri pada mahasiswa pengguna game online di Universitas Islam 45’ Bekasi. Hal ini didasari oleh intensitas penggunaan game online secara berlebihan yang mengakibatkan menurunnya kemampuan para pengguna untuk melakukan kontrol diri. Tujuan dari pelatihan mindfulness yaitu untuk memusatkan perhatian para subjek untuk sejenak terlepas dari kebiasaan bermain game online dan diharapkan subjek dapat melakukan kontrol diri sebagaimana mestinya. Instrumen pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala yang dimodifikasi berdasarkan alat ukur skala mindfulness yang telah diadaptasi kedalam Bahasa Indonesia oleh Meidy, N dkk yaitu Five Facet Mindfulness Questionnaire (FFMQ) yang disusun oleh Baer dkk., (2006). Partisipan pada penelitian ini yaitu mahasiswa yang merupakan pengguna game online yang berjumlah 30 mahasiswa Universitas Islam 45’ Bekasi. Melalui hasil dari analisis uji Independent Sample t test diketahui bahwa terdapat perbedaan yang lumayan signifikan terhadap kontrol diri pada kelompok eksperimen yang peroleh nilai mean sebesar 83,00 sedangkan nilai mean kelompok kontrol sebesar 75,53, nilai t = 2,658, p = 0,013 (p>0,05). Sedangkan berdasarkan hasil uji paired sample t-test sebelum dan sesudah diberikan perlakuan yang berupa pelatihan mindfulness, maka diperoleh hasil N=15, nilai t=-2,764 dan nilai p=0,010 (p<0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang lumayan signifikan terhadap tingkat kontrol diri pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dimana terdapat peningkatan point yang diperoleh masing-masing kelompok yaitu kelompok eksperimen meningkat 19% sedangkan pada kelompok kontrol mengalami penurunan sebesar 3%, serta terdapat perbedaan yang signifikan terhadap tingkat kontrol diri sebelum dan sesudah diberikan pelatihan pada kelompok eksperimen. Kata kunci: Game online, Mindfulness, Kontrol diri
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
||||||
Keywords / Kata Kunci: | Game Online, Mindfulness, Kontrol Diri | ||||||
Subjects: | Psikologi Sosial | ||||||
Faculty: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi S1 | ||||||
Depositing User: | Mr Kartiko Januardi | ||||||
Date Deposited: | 01 Dec 2023 02:37 | ||||||
Last Modified: | 01 Dec 2023 02:37 | ||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/4351 |
Actions (login required)
View Item |