Ria Mizar, Anggraini (2023) KOMPETENSI GURU PAI DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI (Studi Deskriptif pada peningkatan minat belajar siswa SMK Negeri 1 Cikarang Barat). Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.
Text
Skripsi Ria Mizar Anggraini-Cover.pdf Download (650kB) |
|
Text
Skripsi Ria Mizar Anggraini-Bab 1.pdf Download (399kB) |
|
Text
Skripsi Ria Mizar Anggraini-Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) | Request a copy |
|
Text
Skripsi Ria Mizar Anggraini-Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) | Request a copy |
|
Text
Skripsi Ria Mizar Anggraini-Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) | Request a copy |
|
Text
Skripsi Ria Mizar Anggraini-Bab 5.pdf Download (82kB) |
|
Text
Skripsi Ria Mizar Anggraini-Dapus.pdf Download (215kB) |
Abstract
Ria Mizar Anggraini. 41182911190017. Kompetensi Guru PAI Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Pada Peningkatan Minat Belajar di SMK Negeri 1 Cikarang Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran kompetensi guru pendidikan agama islam dalam pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi pada peningkatan minat belajar peserta didik dan tantangan, serta upaya-upaya penyelesaiannya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pengajaran PAI dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi di SMK Negeri 1 Cikarang Barat. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian terdiri dari 4 orang guru PAI yang menggunakan teknologi informasi sebagai media pembelajaran selama proses pembelajaran di kelas XII. Teknik pengumpulan data yang digunakan mencakup wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa: 1). Guru Pendidikan Agama Islam telah mengembangkan kompetensi mereka dalam memanfaatkan teknologi informasi dalam proses pembelajaran dengan sangat baik. Hal ini terutama terlihat dalam kemampuan mereka untuk membuat pembelajaran lebih praktis dan beragam, yang sangat meningkatkan antusiasme peserta didik selama pembelajaran. 2). Penggunaan teknologi informasi dalam media pembelajaran memberikan efek positif terhadap peserta didik dalam meningkatkan minat belajar selama proses pembelajaran. Semangat yang muncul pada peserta didik disebabkan oleh materi dan media pembelajaran yang lebih menarik, lebih interaktif, lebih efektif, dan pembelajaran yang lebih beragam. 3). Guru PAI mengalami kendala karena kurangnya kesempatan untuk mendapatkan pelatihan mengenai penggunaan teknologi informasi, yang menjadi salah satu faktor utama. Guru PAI berupaya meningkatkan keterampilan dalam menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi dengan mengikuti berbagai pelatihan dan mengatasi keterbatasan sarana dan prasarana terkait teknologi seperti komputer dan proyektor.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
||||||
Keywords / Kata Kunci: | Kompetensi guru PAI, Pengembangan media TIK, minat belajar | ||||||
Subjects: | Etika Psikologi Pendidikan Pendidikan Agama Islam |
||||||
Faculty: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 | ||||||
Depositing User: | Ria Mizar Anggraini | ||||||
Date Deposited: | 23 Oct 2023 07:03 | ||||||
Last Modified: | 23 Oct 2023 07:03 | ||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/4199 |
Actions (login required)
View Item |