Nisa, Isna Khoirul (2023) MEDIA FLASH CARD SEBAGAI SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SATUAN PANJANG SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.
Text
PENDAHULUAN Isna.pdf Download (891kB) |
|
Text
BAB 1 Isna.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 2 Isna.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3 Isna.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka Isna.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) | Request a copy |
Abstract
Karya Tulis Ilmiah ini berlatar belakang berdasarkan pembelajaran matematika yang belum optimal. Siswa hanya mendengarkan dan mencatat penjeasan dari guru saja. Siswa cenderung pasif, meskipun ada materi yang belum jelas. Hal ini terjadi karena sebagian siswa tidak memperhatikan saat pembelajaran. Pembelajaran masih bersifat yang berpusat pada guru bukan berpusat pada siswa. Guru juga belum menerapkan berbagai model pembelajaran. Alasan utamanya karena dengan metode konfensial yang digunakan oleh guru selama ini, akan mempermudah proses pembelajaran. Penerapan model pembelajaran yang opimal menjadikan siswa cenderung bosan. Siswa hanya diberikan buku teks yang berisi bermacam-macam materi untuk dipelajari tanpa menggunakan metode dan model pembelajaran yang merangsang siswa aktif dan tertarik untuk mengikuti pelajaran, terutama pada mata pelajaran matematika yang materinya sangat banyak. Media Flash Card adalah model pembelajaran yang didukung oleh penyajian yang berisi kata atau kombinasi kata dan gambar yang berguna untuk media belajar membaca juga mengenal bentuk, benda, hewan, angka dan jenis aktifitas lainnya. Siswa dituntut memiliki tanggung jawab dan aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran. Berikut langkah – langkah dalam menggunakan Media Flash Card : Siswa mengambil Flsh Card yang berisi pertanyaan lalu siswa menjawab pertanyaan yang ada pada kartu. Guru memberikan unpan balik dari jawaban siswa, jika siswa menjawab soal dengan benar maka siswa akan diberikan reward. Jika jawaban siswa kurang tepat maka diberikan kepada siswa lain untuk memperbaikinya. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Flash Card efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep satuan panjang siswa di kelas II Sekolah Dasar. Metode ini memberikan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan dan interaktif, sehingga siswa lebih aktif dalam proses belajar. Implementasi model pembelajaran Flash Card memerlukan persiapan yang matang dari guru dan dukungan dari pihak terkait. Dengan memperhatikan hasil dan pembahasan penelitian ini, model pembelajaran Flash Card dapat menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | flash card method, learning outcomes, mathematics | |||||||||
Subjects: | Pendidikan | |||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | ms isna khoirul | |||||||||
Date Deposited: | 14 Aug 2023 07:15 | |||||||||
Last Modified: | 14 Aug 2023 07:15 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/3491 |
Actions (login required)
View Item |