Analisis Pengaruh Jumlah Lubang Injektor Terhadap Performa Mesin Motor 150 cc

Prasetio, Prasetio (2023) Analisis Pengaruh Jumlah Lubang Injektor Terhadap Performa Mesin Motor 150 cc. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (78kB)

Abstract

ABSTRAK Penggunaan teknologi injeksi bahan bakar pada mesin sepeda motor sudah banyak diaplikasikan oleh perusahaan otomotif untuk meningkatkan efisiensi kendaraan. Teknologi injeksi bahan bakar (Full injection System) merupakan teknologi yang digunakan untuk mencampur bahan bakar dengan udara sebelum masuk ke ruang bakar dan selanjutnya menyemprotkannya dengan tekanan tertentu. Sistem ini menggunakan beberapa sensor untuk menakar jumlah bahan bakar dan mengatur waktu penyemprotan yang tepat. Sehingga lebih meningkatkan tenaga mesin jika dibandingkan dengan mekanisme karburator. Komponen penting dalam sistem injeksi bahan bakar adalah Injektor. Injektor berfungsi untuk menyemprotkan dan membuat bahan bakar tercampur secara homogen sehingga dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi polusi serta memberikan tenaga yang lebih besar. Performa sepeda motor yang tangguh dapat dilihat dari seberapa besar dan efisiensi tenaga dan torsi kendaraan. Untuk meningkatkan performa sepeda motor salah satu caranya adalah dengan memperbaiki proses injeksi bahan bakar dalam proses pembakaran sehingga terjadi pembakaran yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah lubang pada nosel injektor terhadap nilai tenaga dan torsi pada sepeda motor berdasarkan putaran mesin. Objek penelitian adalah sepeda motor 4 langkah dengan sistem injeksi bahan bakar, bahan bakar menggunakan pertalite Ron 90. Variasi penelitian adalah perbedaan jumlah lubang pada nosel injektor meliputi nozel 8 lubang dan 10 lubang. Kata kunci : Daya, torsi, nosel injektor, lubang nosel dan performa mesin

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDRahmanto, R. Hengki0426018204
UNSPECIFIEDParidawati, Paridawati0430127201
Keywords / Kata Kunci: Kata kunci : Daya, torsi, nosel injektor, lubang nosel dan performa mesin
Subjects: Konversi Energi
Faculty: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Mr. Prasetyo Prasetyo
Date Deposited: 18 Aug 2023 06:38
Last Modified: 18 Aug 2023 06:38
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/3457

Actions (login required)

View Item View Item