UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ROLL BELAKANG MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 234 JAKARTA

Anggaraini, Puspita Dwi (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ROLL BELAKANG MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 234 JAKARTA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.

[img] Text
pendahuluan puspita.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (126kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text
bab 5.pdf

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA 2.pdf

Download (132kB)

Abstract

Puspita Dwi Anggraini. Skripsi ini berjudul “ Upaya Meningkatkan hasil belajar roll belakang melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VIII Di SMP Negeri 234 Jakarta”. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam “45” Bekasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar roll belakang pada siswa kelas VIII SMP negeri 234 Jakarta. Permasalahan dalam penelitian ini adalah upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar roll belakang. Roll belakang yang digunakan adalah permainan bola rolling dengan kedua kaki dan mengoper bola dari depan ke belakang yang mudah dan menyenangkan bagi siswa yang mempelajarinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK), yakni dengan memberikan pembelajaran roll belakang, sebelum dan sesudah diberikan pengajaran dilakukan tes awal dan akhir untuk melihat sejauh mana peningkatan hasil belajar roll belakang. Subjek yang diambil 36 orang siswa kelas VIII SMP negeri 234 jakarta. Hasil penelitian terlihat peningkatan hasil belajar roll belakang , Observasi awal menunjukan 12 orang siswa (33%) siswa yang mencapai nilai KKM. Pada siklus I terdapat peningkatan yang cukup signifikan menunjukan hasil 24 orang siswa (67%) siswa yng mencapai nilai KKM. Sedangkan pada siklus II didapat hasil 29 orang (81%) siswa yang mencapai KKM pada siklus 2 hasil yang dicapai telah sesuai dengan apa yang ditargetnya yaitu 80% siswa telah mencapai KKM, dalam hal ini siswa telah mencapai nilai KKM, Sehingga tidak dilanjutkan pada siklus III. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran senam lantai roll belakang sesuai dengan karakteristik siswa kelas VIII berdasarkan hasil penelitian ini permainan bola rolling dan mengoper bola dari depan ke belakang dapat meningkatkan senam lantai roll belakang pada siswa kelas VIII SMP Negeri 234 jakarta Kata kunci : Hasil belajar, Senam lantai, Roll belakang

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDAzhari, Adli0431126908
Keywords / Kata Kunci: Hasil belajar, Senam lantai, Roll belakang
Subjects: Pendidikan Olahraga
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi S1
Depositing User: Ms. puspita dwi
Date Deposited: 07 Aug 2023 06:55
Last Modified: 07 Aug 2023 06:55
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/3221

Actions (login required)

View Item View Item