Mutiara Sari, Nurlinda (2023) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.
Text
Pendahuluan_Nurlinda.pdf Download (410kB) |
|
Text
Bab 1_Nurlinda.pdf Download (105kB) |
|
Text
BAB II Nurlinda .pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III Nurlinda .pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV Nurlinda.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V Nurlinda .pdf Download (16kB) |
|
Text
Daftar Pustaka Nurlinda .pdf Download (88kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi keterampilan berbicara siswa sekolah dasar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, siswa sekolah dasar yang cenderung masih rendah. Hal ini di tandai dengan Permasalahan tersebut disebabkan oleh pembelajaran cenderung berpusat pada siswa Sekolah Dasar kurang aktif dalam pembelajaran saat berlangsung, bahkan tidak jarang beberapa siswa berkeringat dingin, berdiri kaku, lupa segalanya jika berdiri di depan kelas untuk berbicara, ,siswa masih terbata-bata, pelafalan siswa masih belum jelas dan suara siswa yang kurang lancang dalam berbicara Sebagian besar anak kurang memiliki keterampilan berbicara hal ini ditunjukkan dengan siswa cenderung diam terpaku ketika guru menanyakan apa yang telah disampaikan. Sering kali siswa malu untuk mengutarakan pendapatnya,. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Talking Stick Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar. Metode penelitian ini adalah Systematic literature Review (SLR) dengan menganalisis hasi-hasil yang telah di publikasi yang berkaitan dengan penggunaan model Talking Stick terhadap meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dari Sampel analisis 9 jurnal yang telah diterbitkan pada rentang sepuluh tahun terakhir yaitu tahun 2012-2022. Dari ke-9 jurnal tersebut kemudian di analisis dari berbagai aspek yaitu: 1.) Berdasarkan Tahun Peneliti, 2.) Bedasarkan Wilayah Artikel Jurnal, 3.) Berdasarakan Metode Penelitian, 4.) Berdasarkan Analisis Indikator Keterampilan Berbicara, 5.) Berdasarkan berbantuan media dan tidak berbantuan media, 6.) Berdasarkan penerapan di Sekolah kelas Rendah dan Tinggi. Berdasarkan hasil analisis model pembelajaran Talking Stick terbukti dapat meningkatakan keterampilan berbicara siswa Sekolah Dasar. Penelitian memberikan rekomendasi penerapan model Talking Stick di kelas rendah dan di kelas tinggi sekolah dasar guru mempunyai rencana yang matang untuk menentukan alokasi pembelajaran agar dapat mengatur waktu, sehingga dapat mengatur waktu efisien sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar, menggunakan langkah-langkah pada umumnya dan ditambahkan dengan kegiatan ice breaking sebelum menjelaskan materi dan dilanjutkan dengan penentuan kelompok secara merata dan adil, kemudian siswa diberi apresiasi kepada siswa saat kegiatan belajar mengajar sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan efektif.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Model pembelajaran Talking Stick, Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar. | |||||||||
Subjects: | Deskriptif | |||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | Ms. Nurlinda Mutiara | |||||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2023 07:06 | |||||||||
Last Modified: | 07 Aug 2023 07:06 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/3194 |
Actions (login required)
View Item |