STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN ENTERPRENUERSHIP SISWA SMP ALAM KARAWANG

Darsono, Darsono (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN ENTERPRENUERSHIP SISWA SMP ALAM KARAWANG. Magister (S2) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.

[img] Text
pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (511kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (925kB) | Request a copy
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text
bab V.pdf

Download (317kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (417kB)

Abstract

Pendidikan entrepreneurship belum mendapatkan perhatian yang khusus dari pemerintah, baik dari sisi pendidikan maupun dari perhatian masyarakat. Padahal aktivitas entrepreneurship merupakan bagian dari pendidikan islam yang di contohkan oleh Rasulullah SAW, Sekolah Alam Karawang adalah salah satu sekolah dikabupaten Karawang yang menekankan pentingnya pendidikan entrepreneurship, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pendidikan entrepreneurship di SMP Alam Karawang. Penelitian ini merupakan penelitian survey lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan metode yang dikembangkan oleh Miles and Huberman dengan tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, pelaksanaan pendidikan entrepreneurship pada pembelajaran PAI di SMP Alam Karawang dengan cara memasukkan karakter kewirausahaan diintegrasikan dengan pembelajaran PAI. Kedua pokus pendidikan entrepreneurship pada pembelajaran PAI adalah pembangunan dan penanaman nilai – nilai atau karakter jujur, tanggung jawab, disiplin, kreatif, inovatif, amanah, dan komunikatif. Ketiga, Evaluasi model pendidikan kewirausahaan di SMP Alam karawang dilakukan dengan praktik langsung di lapangan, mulai dari perencanaan, pelaksaan, sampai pembuatan dan presentasi laporan. Ketiga, faktor penghambat pendidikan entrepreneurship pada pembelajaran PAI di SMP Alam Karawang adalah anak yang belum menemukan bakatnya dan kurang dukungan orang tua siswa dalam pendidikan entrepreneurship keluarga, sulitnya minimnya lembaga atau instansi luar yang dapat mempasilitasi siswa magang entrepreneurship sesuai dengan bakatnya. Pendidikan Islam dan Enterpreneurship.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Magister (S2))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDHaryono, Pauzan0407067607
UNSPECIFIEDSuharyat, Yayat0412126702
Keywords / Kata Kunci: Pendidikan Islam dan Enterpreneurship.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Faculty: Sekolah Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam S2
Depositing User: Mr. Darsono Darsono
Date Deposited: 14 Jun 2023 05:23
Last Modified: 18 Aug 2023 03:59
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/2861

Actions (login required)

View Item View Item