PENGGUNAAN MEDIA REALIA (PAPAN MAGNETIK) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT KELAS IV MI AT-TAUBAH KOTA BEKASI

Arrahim, Arrahim and Muttolingah, Iin (2017) PENGGUNAAN MEDIA REALIA (PAPAN MAGNETIK) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT KELAS IV MI AT-TAUBAH KOTA BEKASI. Jurnal Pedagogik, 5 No.2. pp. 57-64. ISSN 2337-7496 (Unpublished)

[img] Text
Peer Review.pdf

Download (778kB)
[img] Text
Arrahim, Iin Muttolingah.pdf

Download (587kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar. Hal ini diidentifikasi dari kurangnya kemampuan siswa dalam aspek kognitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan media realia (papan magnetik) di kelas IV MI AT-Taubah Kota Bekasi. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Subjek penelitian siswa kelas IV MI At-Taubah Kota Bekasi yang berjumlah 24. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal jawaban singkat/pendek. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan di setiap siklusnya terlihat dari perolehan hasil belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata sebesar 64,17 dengan persentase ketuntasan 45,83%. Pada siklus II meningkat menjadi 67,08 dengan persentase ketuntasan 62,50%, dan pada siklus III meningkat menjadi 80,42 dengan persentase ketuntasan 87,50%. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media realia (papan magnetik) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dikelas IV MI At-Taubah Kota Bekasi. Kata kunci : Hasil Belajar Matematika, Media Realia (Papan Magnetik)

Item Type: Article
Subjects: Penelitian Tindakan Kelas
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: ms ria anggraheni
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:00
Last Modified: 21 Jul 2022 06:35
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/283

Actions (login required)

View Item View Item