IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPIT TAMBUN ISLAMIC SCHOOL

Purnomo, Mohamad Adi (2023) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPIT TAMBUN ISLAMIC SCHOOL. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN SKRIPSI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (28kB)

Abstract

Mohamad Adi Purnomo. 41182911170033. Implementasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPIT Tambun Islamic School. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam Unisversitas Islam “45” Bekasi. 1443/2022. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang menyeluruh mengenai Implementasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013. Penelitian ini dilakukan di SMPIT Tambun Islamic School. Metode penelitian yang digunakan adalah Kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang berasal dari informan yaitu Kepala Sekolah dan Wakil kepala sekolah bagian kurikulum, sedangkan informan kunci yaitu guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang menerapkan kurikulum 2013. Hasil penelitian ini adalah bahwa guru PAI di SMPIT Tambun Islamic School dalam mengimplementasikan penilaian autentik kurikulum 2013 menghadapi beberapa permasalahan. Permasalahan yang dihadapi tersebut dari proses penilaian yang berdasarkan tiga ranah yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan. Selain itu juga dari jumlah siswa yang banyak, waktu pengamilan nilai, dan penilaian yang detail dan harus diamati. Untuk mengimplementasikan penilaian autentik kurikulum 2013 seperti yang diharapkan oleh guru-guru, melainkan perbaikan dari pemerintah dalam sosialisasi implementasi kurikulum 2013, sera meluruskan pola pikir paradigma guru dalam implementasi kurikulum 2013. Kata Kunci : Kurikulum 2013, Penilaian, Autentik, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDGhofur, Abdul0412018302
Keywords / Kata Kunci: Kurikulum 2013, Penilaian, Autentik, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Faculty: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Mohamad Adi Purnomo
Date Deposited: 02 Aug 2023 03:38
Last Modified: 02 Aug 2023 03:46
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/2507

Actions (login required)

View Item View Item