UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING FUTSAL DENGAN METODE DRILL PADA KELAS V SD NEGERI JATILUHUR IV KOTA BEKASI

ARNOLDY PUSUNG, YOHAN (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING FUTSAL DENGAN METODE DRILL PADA KELAS V SD NEGERI JATILUHUR IV KOTA BEKASI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.

[img] Text
Pendahuluan Yohan.pdf

Download (649kB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (598kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (863kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (988kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 5.pdf

Download (610kB)
[img] Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (470kB)

Abstract

ABSTRAK Yohan Arnoldy Pusung, NPM: 41182191180098, “Upaya meningkatkan hasil belajar dribbling futsal dengan metode drill pada kelas V SD Negeri Jatiluhur IV Kota Bekasi” Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Islam “45” Bekasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah dengan pendekatan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar dribble permainan futsal pada siswa kelas V SD Negeri Jatiluhur IV Kota Bekasi. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), sedangkan subyek dalam penelitian ini adalah, siswa kelas kelas V.C SD Negeri Jatiluhur IV Kota Bekasi yang berjumlah 31 orang. Hasil penelitian telihat peningkatan hasil belajar renang gaya dada, obervasi awal menunjukkan hanya 15 orang (48.4%) siswa yang mencapai nilai KKM. Pada siklus 1 terdapat peningkatan yang cukup signifikan hasil menunjukkan 17 orang siswa (54.84%) siswa yang mencapai nilai KKM. Sedangkan pada siklus 2 didapat hasil 26 orang siswa (83.87%) siswa yang mencapai nilai KKM Pada siklus 2 hasil yang dicapai telah sesuai dengan apa yang di targetnya yaitu 75% siswa telah mencapai nilai KKM, dalam hal ini 883.87% siswa telah mencapai nilai KKM, sehingga tidak dilanjutkan pada siklus III. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada peningkatan partisipasi siswa di kegiatan pembelajaran dribbling futsal dengan metode drill dalam dua siklus, dari hasil pengamatan oleh kolaborator. Terbukti dengan siswa sudah baik dalam berpartisipasi secara aktif. Hampir seluruh siswa bergerak dan berpartisipasi secara aktif. Pembelajaran dribbling futsal dengan metode drill sudah mampu mendorong kreatifitas siswa untuk beraktivitas selama pembelajaran. Hampir seluruh siswa dapat menyelesaikan tugas yang diberikan guru dengan cukup baik. Disamping itu, suasana pembelajaran sudah menyenangkan, hal ini dibuktikan dengan seluruh siswa bersemangat dalam proses pembelajaran dribbling futsal, bersungguh-sungguh dalam mengikuti proses pembelajaran dan seluruh siswa bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dari guru Kata Kunci: Hasil Belajar, dribbling futsal, dan metode drill

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDISKANDAR, TATANG0419068401
Keywords / Kata Kunci: Kata Kunci: Hasil Belajar, dribbling futsal, dan metode drill
Subjects: Pendidikan Olahraga
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi S1
Depositing User: Mr. Yohan Arnoldy Pusung
Date Deposited: 09 Feb 2023 15:34
Last Modified: 09 Feb 2023 15:34
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/2148

Actions (login required)

View Item View Item