Aini, Dian Aisah Nur (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Kepribadian Siswa Di SMAN 15 Kota Bekasi. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam “45” Bekasi.
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (663kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (643kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (862kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (112kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Kepribadian, bentuk pembinaan kepribadian siswa, dan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam membina kepribadian Siswa di SMAN 15 Kota Bekasi. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknis analisis datanya yaitu dengan teknis analisis data induktif.Adapun sumber data dalam penelitian ini yait wakil kepala sekolah, guru dan siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam membina kepribadian siswa merupakan tugas dan tanggung jawab dalam mendidik dan mengembangkan potensi peserta didik, Peran yang kedua yaitu, sebagai contoh atau teladan untuk siswa-siswinya dan mengarahkan siswa-siswinya untuk melakukan Pembinaan kepribadian di sekolah. Adapun bentuk pembinaan kepribadian siswa yang dilaksanakan di SMAN 15 Kota Bekasi seperti tadarus Al-Qur’an, shalat berjamaah, dan mengajarkan kebiasaan shalat dhuha, sedangkan faktor pendukung dalam membina kepribadian siswa SMAN 15 kota Bekasi yaitu dengan adanya sarana dan prasarana yang memadai. Faktor penghambat dalam membina kepribadian siswa di SMAN 15 Kota Bekasi adalah masih kurangnya kesadaran dan motivasi siswa, selain itu faktor penghambat kedua adalah faktor teknologi, faktor lingkungan dan dari siswa itu sendiri . The purpose of this study was to determine the role of Islamic Religious Education teachers in Personality Development, forms of student personality development, and supporting and inhibiting factors in fostering Student personality at SMAN 15 Kota Bekasi. The type of this research is qualitative research using descriptive analysis, data collection methods used in this research are observation, interviews and documentation. The data analysis technique is technical inductive data analysis. The data sources in this study are the vice principal, teachers and students. The results obtained from this study are that the role of the Islamic Religious Education Teacher in fostering student personality is the duty and responsibility in educating and developing the potential of students. personality at school. As for the forms of student personality development that are carried out at SMAN 15 Bekasi City such as tadarus of the Qur'an, congregational prayers, and teaching the habit of Duha prayer, while the supporting factors in fostering the personality of SMAN 15 Bekasi City students are the presence of adequate facilities and infrastructure. The inhibiting factor in fostering student personality at SMAN 15 Kota Bekasi is the lack of awareness and motivation of students, besides that the second inhibiting factor is technological factors, environmental factors and from the students themselves
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Agama Islam | ||||||
Faculty: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 | ||||||
Depositing User: | Mrs Dian Aisah Nur Aini | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 05:49 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 05:49 | ||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/1896 |
Actions (login required)
View Item |