Sabir, Muhammad (2022) IMPLEMENTASI METODE UTSMANI DALAM BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DI MA’HAD AL-UTSMANI JAKARTA TIMUR. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM “45” BEKASI.
Text
PENDAHULUAN 1 .pdf Download (978kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (688kB) |
|
Text
BAB 2 .pdf Restricted to Repository staff only Download (769kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (683kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Download (297kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (397kB) |
Abstract
Muhammad Sabir. 41182911180050. IMPLEMENTASI METODE UTSMANI DALAM BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DI MA’HAD AL-UTSMANI JAKARTA TIMUR (Pendidikan Agama Islam). Fakultas Agama Islam, Universitas Islam “45” Bekasi, (1444/2022). (73 Halaman + 34 Halaman) Al-Qur’an merupakan kitab suci yang telah Allah berikan kemudahan dalam mempelajarinya. Namun, masih banyak peserta didik yang kesulitan dalam mempelajari Al-Qur’an secara mendalam, karena kurangnya penerapan metode belajar Al-Qur’an di suatu lembaga pendidikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi metode Utsmani dalam membaca Al-Qur’an di Ma’had Al-Utsmani Jakarta Timur. Salah satu lembaga pembelajaran Al-Qur’an yaitu Lembaga Bimbingan Al-Qur’an (LBQ) Al-Utsmani Jakarta Timur, yang telah menggunakan Metode Utsmani dalam mendidik peserta didiknya. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun pemeriksaan keabsahan data penelitian ini menggunakan metode trianggulasi data.Teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Utsmani dalam belajar membaca Al-Qur’an sangat mempengaruhi hasil pembelajaran Al-Qur’an pada setiap peserta didik. Penerapan metode Utsmani dalam pembelajaran al-Qur’an yaitu dengan cara yang mudah dan menyenangkan dengan bercirikan “nasyid dan tahapan lima langkah” dalam kegiatan inti proses belajar mengajarnya. Tahapan lima langkah yaitu baca dari depan, baca dari belakang, baca acak, talaqqi atau klasikal dan baca buku individual. Nasyid atau lagu yang digunakan pada saat langkah klasikal yaitu lagu yang akrab dengan siswa. Hasil pembelajaran Metode Utsmani dari segi kelancarannya dalam membaca al-Qur’an yaitu siswa mampu menguasai tahsin seperti makhrojul huruf atau tempat keluar huruf hijaiyyah dan sifat-sifat hurufnya, serta membaca dengan tajwid yang benar. Penggunaan metode Usmani sangat efektif digunakan di Ma’had Al-Utsmani Jakarta Timur. Dengan adanya beberapa faktor pendukung, seperti fasilitas sarana prasarana, media pembelajaran serta sumber belajar yang cukup memadai. Jumlah peserta didik yang terbatas berkisar 10-12 peserta didik dalam satu ruang belajar. Sehingga memudahkan dalam mengontrol perkembangan dan kemampuan anak secara individu dalam proses pembelajaran di kelas. Kata kunci : Membaca Al-Qur’an, Penerapan Metode Utsmani
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
||||||
Keywords / Kata Kunci: | Membaca Al-Qur’an, Penerapan Metode Utsmani | ||||||
Subjects: | Pendidikan Agama Islam | ||||||
Faculty: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 | ||||||
Depositing User: | Mr. Muhammad Sabir | ||||||
Date Deposited: | 27 Oct 2022 02:33 | ||||||
Last Modified: | 27 Oct 2022 02:33 | ||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/1396 |
Actions (login required)
View Item |