PEMIKIRAN MAHMUD YUNUS TENTANG PENDIDIKAN ISLAM

Solikhatin, Atin (2022) PEMIKIRAN MAHMUD YUNUS TENTANG PENDIDIKAN ISLAM. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)

Abstract

ATIN SOLIKHATIN, NPM 41182911150057. PEMIKIRAN MAHMUD YUNUS TENTANG PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam “45” Bekasi 1444 H./2022 M. x, 138 halaman + 28 halaman lampiran. Studi penelitian ini ingin mengangkat sosok Mahmud Yunus dan pemikirannya pada pendidikan Islam. Untuk itu, setidaknya ada beberapa hal yang perlu disajikan, termasuk biografi, latar belakang pendidikan, karya-karya, guru-guru dan pemikirannya tentang pendidikan Islam. Dalam kajian ini penulis memfokuskan pembahasan tentang bagaimana pendidikan Islam menurut Mahmud Yunus, sebagai tokoh pembentukan pendidikan Islam. Hal ini dapat dilihat dari pemikiran beliau dalam mendeskripsikan tujuan pendidikan, kurikulum, metode, pendidik dan kelembagaan pendidikan Islam. Dalam menggambarkan tujuan pendidikan Islam, manusia berakhlak mulia dan mampu mengembangkan seluruh potensi yang ada dalam dirinya. Sedangkan dalam pembuatan kurikulum, beliau menerapkan kurikulum integrated, yaitu mamadukan ilmu agama dan ilmu umum di lembaga pendidikan Islam. Adapun metode pembelajaran yang diterapkan oleh Mahmud Yunus, tidak hanya cenderung pada metode ceramah saja, tetapi beliau menggunakan metode pengajaran yang bervariasi dan disesuaikan dengan materi pelajaran tersebut sehingga antara materi pembelajaran akan terintegrasi. Sedangkan pendidik yang diharapkan oleh Mahmud Yunus adalah menekankan agar setiap guru bisa hidup dan bertempat tinggal di tengah-tengah peserta didik, sehingga komunikasi antara guru dengan murid dapat dilakukan dengan penuh kasih sayang. Kata kunci: Pendidikan Islam, Kurikulum, Metode Pembelajaran, Lembaga Pendidikan Islam, Pendidik

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDHasibuan, Akmal Rizki Gunawan0410049201
Keywords / Kata Kunci: Pendidikan Islam, Kurikulum, Metode Pembelajaran, Lembaga Pendidikan Islam, Pendidik
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Faculty: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Users 407 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2022 08:32
Last Modified: 30 Aug 2022 08:32
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/937

Actions (login required)

View Item View Item