Filsafat Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Tingkat SMA

Azzahra, Siti Alya (2025) Filsafat Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Tingkat SMA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
PENDAHULUAN.,.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (99kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan paradigma pendidikan di Indonesia melalui penerapan Kurikulum Merdeka yang menekankan kemandirian belajar, fleksibilitas, dan penguatan karakter peserta didik. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah masih terbatasnya pemahaman guru terhadap landasan filosofis dan implementasi Kurikulum Merdeka, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di tingkat SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research). Data diperoleh dari berbagai sumber literatur seperti buku, jurnal ilmiah, dan artikel yang relevan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis isi (content analysis) dengan menelaah dan menginterpretasikan konsep filsafat pendidikan, terutama aspek progrestivisme, konstruktivisme, humanisme, antropologis, dan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dalam konteks Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka memiliki landasan kuat dalam filsafat pendidikan yang menekankan kemerdekaan berpikir dan pembelajaran berpusat pada peserta didik. Dalam konteks PAI, kurikulum ini tidak hanya berorientasi pada penguasaan pengetahuan agama, tetapi juga pembentukan akhlak mulia, penguatan spiritualitas, dan penanaman nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka pada PAI di SMA sejalan dengan filosofi Ki Hadjar Dewantara tentang pendidikan yang memanusiakan manusia. Namun, keberhasilannya sangat bergantung pada kesiapan guru, dukungan sekolah, serta kebijakan pemerintah yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
Thesis advisorIrham, Irham0406058602
Keywords / Kata Kunci: Filsafat Pendidikan, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam, SMA, Analisis Isi.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Faculty: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Ms. Siti Alya Azzahra
Date Deposited: 02 Dec 2025 09:36
Last Modified: 02 Dec 2025 09:36
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/9025

Actions (login required)

View Item View Item