Manajemen Komunikasi Dalam Membangun Loyalitas Konsumen (Studi Kasus PT Riansa Solusi Utama)

Andreansyah, Muhammad Bintang (2025) Manajemen Komunikasi Dalam Membangun Loyalitas Konsumen (Studi Kasus PT Riansa Solusi Utama). Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
COVERS 1.pdf

Download (563kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (172kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)

Abstract

Penurunan loyalitas pelanggan menjadi tantangan utama yang dihadapi PT. Riansa Solusi Utama, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang general trading dan jasa konstruksi. Ketidakoptimalan dalam manajemen komunikasi serta persaingan pasar yang semakin kompetitif menyebabkan turunnya tingkat pembelian ulang dan peralihan pelanggan ke kompetitor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen komunikasi diterapkan oleh PT. Riansa Solusi Utama dalam membangun dan mempertahankan loyalitas konsumennya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi kasus, melalui teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi langsung, serta dokumentasi dari informan dan key informan yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi manajemen komunikasi yang diterapkan, seperti pendekatan personal door to door, komunikasi pasca-transaksi yang intensif, serta pengelolaan data pelanggan melalui CRM, mampu meningkatkan keterikatan emosional pelanggan, memperkuat relasi bisnis, dan mendorong pembelian berulang. Integrasi komunikasi yang humanis dan responsif dengan strategi Customer Relationship Management (CRM) berperan signifikan dalam membentuk loyalitas pelanggan yang berkelanjutan. Penelitian ini memperkaya kajian ilmu komunikasi khususnya dalam penerapan manajemen komunikasi berbasis relasi dalam konteks bisnis B2B.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDSaepudin, Saepudin0412058306
Keywords / Kata Kunci: Kata Kunci: Manajemen Komunikasi, Loyalitas Konsumen, Customer Relationship Management (CRM), Strategi Komunikasi.
Subjects: Public Relations
Ilmu Komunikasi
Faculty: Fakultas Komunikasi Sastra dan Bahasa > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Muhammad Bintang Andreansyah
Date Deposited: 17 Sep 2025 09:44
Last Modified: 17 Sep 2025 09:44
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/8581

Actions (login required)

View Item View Item