Assidiqi, Muhammad Hasby (2025) Hubungan Persepsi Guru Pesantren Terhadap Lingkungan Kerja dan Loyalitas dengan Kepuasan Kerja Guru Pesantren se-Kecamatan Jatiasih Kota Bekasi. Magister (S2) thesis, Universitas Islam 45.
![]() |
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (647kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (594kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (461kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (874kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara persepsi guru pesantren terhadap lingkungan kerja dan loyalitas dengan kepuasan kerja guru di Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi. Latar belakang penelitian ini adalah adanya kebutuhan untuk meningkatkan kualitas pesantren agar setara dengan sekolah umum unggul, serta memahami faktor pendorong semangat ruuhul jihad (semangat berjuang) guru dalam pengabdiannya. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasi kuantitatif dengan teknik cluster sampling. Responden penelitian adalah 104 guru dari 12 pesantren yang dipilih di Kecamatan Jatiasih. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang sangat kuat dan signifikan antara ketiga variabel. Persepsi positif terhadap lingkungan kerja (aspek fisik dan sosial) terbukti menjadi prediktor utama yang mampu menjelaskan 0,801 dari variasi kepuasan kerja guru. Sementara itu, loyalitas guru (komitmen internal) juga menunjukkan peran yang hampir sama kuatnya, dengan kemampuan menjelaskan 0,793 tingkat kepuasan kerja. Puncak temuan penelitian ini adalah adanya efek sinergi yang luar biasa, di mana lingkungan kerja dan loyalitas secara bersama-sama mampu menjelaskan 0,871 dari kepuasan kerja guru. Angka ini menegaskan bahwa kepuasan kerja yang paripurna adalah hasil dari ekosistem yang sehat, di mana lembaga dan individu saling mendukung. Upaya perbaikan lingkungan eksternal akan mencapai dampak maksimal jika diimbangi dengan pembinaan komitmen internal guru. Lingkungan yang baik menjadi fondasi bagi tumbuhnya loyalitas, dan loyalitas yang kokoh membuat guru lebih mampu memaknai kepuasan dalam pengabdiannya, layaknya dua sisi mata uang yang tak terpisahkan. This research investigates the correlation among pesantren (Boarding School) teachers' perceptions of their work environment, their loyalty, and their resultant job satisfaction in the Jatiasih District of Bekasi City. The rationale for this study stems from the imperative to elevate the quality of Islamic boarding schools (pesantren) to be on par with leading public educational institutions, as well as to comprehend the factors that galvanize the teachers' ruuhul jihad (a spirit of devoted struggle) in their service. A quantitative correlational design was employed, utilizing a cluster sampling technique to select 104 teachers from 12 pesantren within the specified district as respondents. The findings reveal a remarkably strong and significant relationship among the three variables. A positive perception of the work environment, encompassing both its physical and social aspects, emerged as a primary predictor, accounting for 0,801 of the variance in teacher job satisfaction. Concurrently, teacher loyalty, defined as internal commitment, demonstrated a comparably potent influence, explaining 0,793 of the job satisfaction levels. The study culminates in the discovery of a profound synergistic effect, wherein the work environment and loyalty, when considered collectively, account for an impressive 0,871 of teacher job satisfaction. This figure affirms that consummate job satisfaction is the product of a healthy ecosystem in which the institution and its individuals are mutually supportive. Endeavors to improve the external environment will yield maximum impact only when complemented by the cultivation of teachers' internal commitment. A conducive environment lays the foundation upon which loyalty is built, and robust loyalty, in turn, empowers teachers to derive deeper meaning and satisfaction from their vocation, representing two inseparable sides of the same coin.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Magister (S2)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Kata Kunci: Kepuasan Kerja, Persepsi, Lingkungan Kerja, Loyalitas, Guru Pesantren | |||||||||
Subjects: | Manajemen Pendidikan Pendidikan Agama Islam |
|||||||||
Faculty: | Sekolah Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam S2 | |||||||||
Depositing User: | Muhammad Hasby Assidiqi | |||||||||
Date Deposited: | 17 Sep 2025 04:00 | |||||||||
Last Modified: | 17 Sep 2025 04:00 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/8538 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |