Hubungan Motif dan Kepuasan Subscriber pada Tayangan Akun Youtube Windah Basudara

Sugianto, Indah Zaharani (2025) Hubungan Motif dan Kepuasan Subscriber pada Tayangan Akun Youtube Windah Basudara. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (703kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motif dan kepuasan subscriber terhadap tayangan di akun YouTube Windah Basudara. Motif yang diteliti mencakup empat indikator, yaitu motif informasi, identitas pribadi, integritas dan interaksi sosial, serta hiburan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui kuesioner online yang disebarkan kepada 100 responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa mayoritas responden menonton tayangan karena motif integritas dan interaksi sosial, diikuti oleh hiburan, identitas pribadi, dan informasi. Pada sisi kepuasan, indikator pelarian diri dari rutinitas memiliki skor tertinggi. Hasil uji korelasi Pearson menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat antara motif dan kepuasan (r = 0,805) dengan nilai signifikansi < 0,001. Selain itu, hasil uji regresi menunjukkan bahwa motif memberikan kontribusi sebesar 64,8% terhadap kepuasan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara motif dan kepuasan subscriber dalam tayangan di akun Windah Basudara, di mana semakin tinggi motif seseorang dalam menonton, maka semakin tinggi pula tingkat kepuasannya. This study aims to determine the relationship between motives and subscriber satisfaction with impressions on the Windah Basudara YouTube account. The motives studied include four indicators, namely information motives, personal identity, social integrity and interaction, and entertainment. This research uses a quantitative method with a descriptive approach and data collection techniques through online questionnaires distributed to 100 respondents. The results of the analysis show that the majority of respondents watch shows because of the motives of integrity and social interaction, followed by entertainment, personal identity, and information. On the satisfaction side, the escape from routine indicator has the highest score. The Pearson correlation test results showed a very strong relationship between motives and satisfaction (r = 0.805) with a significance value of <0.001. In addition, the regression test results show that motive contributes 64.8% to satisfaction. Thus, it can be concluded that there is a significant relationship between motive and subscriber satisfaction in the Windah Basudara account, where the higher a person's motive in watching, the higher the level of satisfaction.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDAksa, Yudha Asmara Dwi0410068202
Keywords / Kata Kunci: Kepuasan, Konten Gaming, Motif, Subscriber, Windah Basudara, YouTube. Satisfaction, Gaming Content, Motives, Subscribers, Windah Basudara, YouTube.
Subjects: Ilmu Komunikasi
Faculty: Fakultas Komunikasi Sastra dan Bahasa > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Ms. Indah Zaharani Sugianto
Date Deposited: 25 Aug 2025 07:09
Last Modified: 25 Aug 2025 07:09
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/8396

Actions (login required)

View Item View Item