Peningkatan Pemahaman Konsep IPAS Melalui Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V SDN Sumberjaya 01

Syahla, Divanya Thalita (2025) Peningkatan Pemahaman Konsep IPAS Melalui Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V SDN Sumberjaya 01. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (258kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep IPAS siswa pada materi rantai makanan, yang ditandai dengan kurangnya kemampuan siswa dalam menafsirkan arti dan pengertian istilah-istilah dalam rantai makanan, memberikan contoh yang relevan pada berbagai ekosistem, mengklasifikasikan organisme berdasarkan perannya, merangkum inti konsep dengan jelas, serta menyimpulkan pengaruh perubahan satu elemen terhadap ekosistem secara keseluruhan. Selain itu, siswa juga mengalami kesulitan dalam membandingkan rantai makanan di berbagai ekosistem dan menjelaskan aliran energi serta materi yang berlangsung di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep IPAS siswa melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas V SDN Sumberjaya 01. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, yang masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 27 siswa, dengan data diperoleh melalui observasi, lembar evaluasi, dan dokumentasi kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar dari siklus I, dengan nilai rata-rata 68,11 dan ketuntasan klasikal 48,15%, menjadi 80,81 dengan ketuntasan 88,89% pada siklus II yang menandakan bahwa sebagian besar siswa telah mencapai indikator keberhasilan pembelajaran dengan presentase kenaikan sebanyak 40,74%. Dengan demikian, penerapan model Problem Based Learning terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep rantai makanan serta meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Problem Based Learning, rantai makanan, keterlibatan siswa, Pemahaman Konsep IPAS.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDSundari, Kori0404107203
UNSPECIFIEDSumirat, Fanny0426107901
Keywords / Kata Kunci: Kata kunci: Problem Based Learning, rantai makanan, keterlibatan siswa, Pemahaman Konsep IPAS.
Subjects: Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: MS DIVANYA THALITA S
Date Deposited: 30 Jul 2025 07:58
Last Modified: 30 Jul 2025 07:58
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/8192

Actions (login required)

View Item View Item