UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU KATA PADA SISWA KELAS I MI SULLAMUL ISTIQOMAH KECAMATAN BEKASI UTARA KOTA BEKASI

Kadafi, Muammar (2025) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU KATA PADA SISWA KELAS I MI SULLAMUL ISTIQOMAH KECAMATAN BEKASI UTARA KOTA BEKASI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (675kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (261kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rebdahnya keterampilan membaca permulaan. Dari 24 siswa kelas I, ditemukan 11 siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca, seperti saat membaca, siswa sering berhenti pada beberapa kata dalam satu kalimat, yang menyebabkan bacaan terdengar terputus-putus dan tidak lancar. Siswa masih sering melakukan kesalahan dalam menyuarakan bacaan. Beberapa siswa masih mengalami kesulitan dalam melafalkan kata. Siswa sering membaca dengan suara yang pelan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media kartu kata pada siswa kelas I MI Sullamul Istiqomah. Metode yang digunakan adalah model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklusnya dilakukan tiga kali pertemuan yang melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan refleksi. Dalam setiap siklus penelitian menggunakan isntrument teks bacaan. Analisis data secara kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I MI Sullamul Istiqomah Kecamatan Bekasi Utara Kota Bekasi yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah 80% dengan KKTP yang telah ditentukan yaitu 75. Hasil Peneltian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa di setiap siklusnya yauitu di siklus I ketuntasan klasikal sebesar 54% dengan nilai rata-rata 72 dan pada siklus II ketuntasan klasikal meningkat mencapai 88% dengan nilai rata-rata 79. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan sebesar 34% pada siswa kelas I MI Sullamul Istiqomah Kecamatan Bekasi Utara Kota Bekasi.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
Writer of accompanying materialNajwan, M.Rasis0405129105
Writer of accompanying materialSugiharti, Rini Endah0411097804
Keywords / Kata Kunci: Keterampilan Membaca Permulaan, Media kartu Kata, Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Muammar Kadafi
Date Deposited: 29 Jul 2025 06:37
Last Modified: 29 Jul 2025 06:37
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/8164

Actions (login required)

View Item View Item