Sabila, Lutfiah Ahda (2025) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 7E SISWA KELAS IV SDN PASIRSARI 02. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.
![]() |
Text
Pendahulua.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis pada mata Pelajaran IPA siswa kelas IV SDN Pasirsari 02. Dalam kegiatan belajar mengajar IPA, hal ini terlihat dari kurangnya siswa tidak mampu menjelaskan tentang pendapatnya da-lam suatu konsep pada saat mempersentasikan materi yang telah di pelajari, pada proses mengerjakan soal siswa belum mampu menyelesaikan dengan tepat karena cenderung menghafal, ketika siswa diminta untuk menyimpulkan siswa belum mampu karena ku-rang aktif dan percaya diri dalam pelajaran, pada kegiatan belajar di kelas guru belum pernah menerapkan model learning cycle 7e. Salah satu alternatif untuk memingkatkan kemampuan berpikir kritis pada pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 7e. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan ke-mampuan berpikir kritis pada pembalajaran IPA siswa kelas IV SDN Pasirsari 02. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dil-akukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pasirsari 02 dengan jumlah siswa sebanyak 35 siswa,yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes tertulis bentuk uraian, dan observasi. Hasil ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 66% dengan nilai rata-rata siswa yaitu 78, hal ini berarti masih kurang dari indikator keberhasilan yang sudah ditentukan sebesar 75% untuk kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 89% dengan nilai rata-rata siswa yaitu 91. Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan yaitu 75, dalam penelitian ini siswa dikataka “Tuntas” dalam belajar apabila mencapai nilai ≥ 75. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa adanya model pembelajaran learning cycle 7e dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Pasirsari 02 sebesar 23%.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Learning Cycle 7e Learning Model, Critical Thinking Skills in Science Learning, Elementary School | |||||||||
Subjects: | Penelitian Tindakan Kelas | |||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | MS LUTFIAH AHDA SABILA | |||||||||
Date Deposited: | 09 May 2025 06:47 | |||||||||
Last Modified: | 09 May 2025 06:47 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/7563 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |