Rahma, Salsabila Aulia and Arrahim, Arrahim and Budianti, Yudi (2025) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SDN GALUDRA SUMEDANG MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (1). pp. 447-455. ISSN 2580-3263
![]() |
Text
Salsabila Aulia Rahma Jurnal.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan bagaimana model pembelajaran inkuiri terbimbing digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep matematika dalam geometri datar. Dua puluh dua siswa dari kelas II SDN Galudra Sumedang berpartisipasi dalam penelitian tindakan kelas ini. Tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dibahas dalam tiga sesi di setiap dua siklus penelitian ini. Tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan beberapa metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa hasil siklus I ke siklus II meningkat. Peningkatannya adalah sebagai berikut: a) skor rata-rata untuk pemahaman konsep matematika meningkat dari 74,0 menjadi 90,0, b) ketuntasan belajar klasikal pemahaman konsep matematika yaitu dari 64% menjadi 95%. Dengan demikian, di kelas II SDN Galudra Sumedang, penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa terhadap mata pelajaran matematika.
Item Type: | Article | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | inkuiri terbimbing; pembelajaran matematika; pemahaman konsep | |||||||||
Subjects: | Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan |
|||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | MS salsabila aulia r | |||||||||
Date Deposited: | 08 May 2025 06:57 | |||||||||
Last Modified: | 08 May 2025 06:57 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/7521 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |