Fadillah, Rifka Taufik (2025) Peningkatan Hasil Belajar Renang Gaya Bebas Melalui Pendekatan Bermain Siswa Kelas IV SDN Jayamulya 02 Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
2. BAB I.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB V.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran gerak dasar renang melalui pendekatan bermain pada siswa kelas IV.b Sekolah Dasar Negeri Jayamulya 02 Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), sedangkan subyek dalam penelitian ini adalah, siswa kelas kelas V IV.b Sekolah Dasar Negeri Jayamulya 02 Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi yang berjumlah 27orang. Hasil penelitian telihat peningkatan hasil belajar renang gaya bebas obervasi awal menunjukkan hanya 11 orang (41%) siswa yang mencapai nilai KKM. Pada siklus 1 terdapat peningkatan yang cukup signifikan hasilnya menunjukkan 16 orang siswa (59.3%) siswa yang mencapai nilai KKM. Sedangkan pada siklus 2 didapat hasil 23 orang siswa (85.18%) siswa yang mencapai nilai KKM Pada siklus 2 hasil yang dicapai telah sesuai dengan apa yang di targetnya yaitu 75% siswa telah mencapai nilai KKM, dalam hal ini 85,18% siswa telah mencapai nilai KKM, sehingga tidak dilanjutkan pada siklus III. Dari seluruh pelaksanaan penelitian tindakan kelas di kelas IV.b Sekolah Dasar Negeri Jayamulya 02 Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi dari masing-masing siklus mengalami peningkatan dari segala aspek, sekaligus menunjukan bahwa pembelajaran belajar gerak dasar renang gaya bebas dengan pendekatan bermain disenangi oleh sebagian besar siswa. sehingga pembelajaran gerak dasar renang gaya bebas melalui pendekatan bermain sesuai dengan karakteristik siswa Sekolah Dasar, serta berdasarkan hasil penelitian ini pembelajaran pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar renang gaya bebas siswa kelas IV.b Sekolah Dasar Negeri Jayamulya 02 Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
||||||
Keywords / Kata Kunci: | Hasil Belajar; Renang; Gaya bebas; Pendekatan bermain dan PTK | ||||||
Subjects: | Pendidikan Olahraga | ||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi S1 | ||||||
Depositing User: | MR RIFKA TAUFIK FADILLAH | ||||||
Date Deposited: | 08 May 2025 04:47 | ||||||
Last Modified: | 08 May 2025 04:47 | ||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/7509 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |