Aryati, Mira (2022) KETERAMPILAN MENULIS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL CIRCUIT LEARNING DALAM SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam “45” Bekasi.
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (402kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (449kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model circuit learning terhadap keterampilan menulis siswa sekolah dasar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar, dalam kegiatan belajar kemampuan menulis siswa masih rendah. Yang pertama kurangnya minat siswa dalam menulis yang menyebabkan siswa malas, yang kedua siswa masih banyak yang kesulitan dalam menuangkan ide atau gagasan yang dimiliki dalam menulis karena minimnya kosakata sehingga mereka banyak yang memperoleh nilai dibawah rata-rata. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR). Penelitian dilakukan dengan cara mengumpulkan data berupa identifikasi masalah, pencarian data, screening, ekstrasi dan review. Artikel penelitian yang digunakan memiliki kriteria yaitu terindeks oleh database Google Scholar dan academia.edu, jurnal penelitian dipublikasikan pada 10 tahun terakhir (tahun 2012-2022), subjek siswa sekolah dasar, studi penelitian membahas keterampilan menulis siswa sekolah dasar melalui model circuit learning dan sumber penelitian hanya berasal dari jurnal. Berdasarkan 14 jurnal ilmiah yang sesuai dengan kriteria, model pembelajaran circuit learning terbukti dapat meningkatkan keterampilan menulis pada siswa sekolah dasar. Dengan model pembelajaran circuit learning bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa sekolah dasar dan siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga siswa lebih mudah menuangkan ide dalam menulis karena semakin banyak kosakata yang dimikiki siswa. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan dengan menggunakan model pembelajaran circuit learning dapat menciptakan suasana belajar yang baru serta aktif melibatkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa dapat memahami sehingga tujuan pembelajaran pun tercapai. Adapun rekomendasi yang ditawarkan oleh penulis, untuk guru dikelas, yaitu dengan menggunakan bantuan media gambar karikatur atau komik yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | model circuit learning, keterampilan menulis, sekolah dasar | |||||||||
Subjects: | Eksperimen Psikologi Pendidikan Penelitian Tindakan Kelas |
|||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | Users 233 not found. | |||||||||
Date Deposited: | 24 Aug 2022 02:57 | |||||||||
Last Modified: | 24 Aug 2022 02:57 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/738 |
Actions (login required)
View Item |