Perawati, Gusti (2025) IMPLEMENTASI METODE UMMI PADA PEMBELAJARAN AL-QUR`AN DI SDS IT AN-NAJMA 2 SERANG BARU BEKASI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.
![]() |
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (917kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (655kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (680kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (411kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep metode Ummi pada pembelajaran Al-Qur`an dan untuk mengetahui proses implementasi metode Ummi pada Pembelajaran Al-Qur`an serta untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi metode Ummi pada pembelajaran Al-Qur`an di SDS IT An-Najma 2 Serang Baru Bekasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya tingkat tidak kenal huruf Al-Qur`an di Indonesia,padahal Indonesia merupakan mayoritas umat muslim terbanyak di dunia. Hal ini disebabkan karena banyaknya faktor seperti,pengaruh teknologi,kurangnya motivasi dalam belajar Al-Qur`an,minimnya perhatian dan dukungan orang tua serta metode pembelajaran yang tidak menarik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Konsep pembelajaran Al-Qur`an metode Ummi di SDS IT An-Najma 2 Serang Baru bekasi sudah dijalankan sesuai dengan ketentuan dari Ummi Foundation,dalam proses pelaksanaannya guru Ummi menerapkan 7 tahapan pembelajaran yaitu pembukaan, apersepsi, penanaman konsep,pemahaman konsep,latihan/keterampilan,evaluasi,dan penutup. (2) Implementasi metode Ummi membuahkan hasil bagi siswa seperti sudah bisa mengenal hukum panjang pendek dalam membaca Al-Qur`an serta hafal surat-surat pendek juz 30. (3) Faktor pendukung Metode Ummi yaitu : adanya guru yang profesional dalam mengajar,sertifikasi guru,dan faktor penghambatnya kurangnya tenaga pengajar metode Ummi dan kemampuan siswa dalam belajar bervariasi.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
||||||
Keywords / Kata Kunci: | Metode UMMI,Membaca Al-Qur`an,Al-Qur`an,Pembelajaran. | ||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan Agama Islam |
||||||
Faculty: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 | ||||||
Depositing User: | Ms. Gusti Perawati | ||||||
Date Deposited: | 06 Feb 2025 08:00 | ||||||
Last Modified: | 06 Feb 2025 08:00 | ||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/7233 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |