IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SMA ISLAM AL AZHAR 18 BEKASI

Anshori, Idham (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SMA ISLAM AL AZHAR 18 BEKASI. Magister (S2) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
pendahuluan repository finally.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I Repository Idham.pdf

Download (383kB)
[img] Text
Bab II Repository Idham.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III Repository Idham.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV Repository Idham.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text
Bab V Repository Idham.pdf

Download (47kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Repository Idham.pdf

Download (283kB)

Abstract

ABSTRACT The implementation of an independent curriculum is something that is favored in the world of education because teachers are required and given the opportunity to show creativity in the learning process while allowing students to explore, develop their own potential and foster creativity, innovation and independence. Is the curriculum able to explore potential and foster student independence and creativity? As with any new discourse, there are of course pros and cons to consider. Education functions as a means to form and achieve personal goals. This research is descriptive qualitative research. Data collection techniques use observation, interviews and documentation. The data obtained was analyzed using three stages, namely: 1) data reduction 2) data presentation 3) conclusion drawing and verification. The data validity techniques used are: source triangulation and technical triangulation. The results of this research indicate that the implementation of the learning process applies the independent curriculum in Islamic Religious Education. This assessment combines different approaches, starting with face-to-face teaching, several learning models are introduced, project-based learning models, problem-based learning models, discovery learning models, and inquiry learning. This is proven by the increase in students' abilities after implementing independent learning Keywords: Independent Curriculum, Islamic Religious Education, Independence and Creativity IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PAI DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SMA ISLAM AL AZHAR 18 BEKASI Idham Anshori Magister Pendidikan Agama Islam Sekolah Pascasarjana Unisma Bekasi idhamanshori@gmail.com ABSTRAK Pelaksanaan kurikulum merdeka merupakan hal yang disukai dalam dunia pendidikan karena guru dituntut dan diberikan kesempatan untuk menunjukkan kreativitas dalam proses pembelajaran sekaligus memungkinkan murid untuk menggali, mengembangkan potensi diri dan menumbuhkan kreativitas, inovasi, serta kemandirian. Apakah kurikulum tersebut mampu menggali potensi, dan menumbuhkembangkan kemandirian dan kretivitas murid. Seperti halnya wacana baru tersebut, tentu saja ada pro dan kontra untuk dipertimbangkan. Pendidikan berfungsi sebagai sarana untuk membentuk dan mencapai tujuan pribadi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dekriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan tiga tahap yaitu:1) Reduksi data 2) penyajian data 3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu: Triangulasi sumber dan Triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran penerapan kurikulum merdeka dalam Pendidikan Agama Islam. Penilaian ini menggabungkan pendekatan yang berbeda, dimulai dengan pengajaran tatap muka, beberapa model pembelajaran diperkenalkan, model pembelajaran berbasis proyek, model pembelajaran berbasis masalah, model pembelajaran penemuan, dan pembelajaran inkuiri. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan murid setelah diterapkannya belajar mandiri. Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam, Kemandirian dan Kreativitas

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Magister (S2))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDHaryono, Pauzan0407067607
UNSPECIFIEDAlam, Dede Rubai Misbahul0428048206
Keywords / Kata Kunci: KURIKULUM MERDEKA, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, KEMANDIRIAN DAN KREATIVITAS
Subjects: Pendidikan
Faculty: Sekolah Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam S2
Depositing User: Mr. Idham Anshori
Date Deposited: 03 Sep 2024 08:40
Last Modified: 03 Sep 2024 08:40
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/6393

Actions (login required)

View Item View Item