HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP ASPEK PENGETAHUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP YAYASAN MASJID DIPONEGORO (YAMAD) JATISAMPURNA KOTA BEKASI

Sanusi, Muhammad Iqbal (2024) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP ASPEK PENGETAHUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP YAYASAN MASJID DIPONEGORO (YAMAD) JATISAMPURNA KOTA BEKASI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
pendahuluan.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (924kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB)

Abstract

Muhammad Iqbal Sanusi. Penelitian dengan judul “Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Aspek Pengetahuan di SMP Yayasan Masjid Diponegoro (YAMAD) JatiSampurna Kota Bekasi. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Pasca Sarjana Universitas Islam 45 (UNISMA), Bekasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi belajar terhadap aspek pengetahuan pendidikan agama islam pada siswa kelas VIII SMP Yamad Jatisampurna Kota Bekasi Jawa Barat Tahun Pelajaran 2022/2023. Variabel dalam penelitian terbagi dua yaitu variabel bebas X (motivasi belajar), dan variabel terikat Y (Aspek Pengetahuan). Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Yamad Jatisampurna Kota Bekasi Propinsi Jawa Barat adalah 33. Jumlah sampel yang diambil dengan menggunakan rumus Slovin adalah 31. Data tentang motivasi belajar (learning motivation) dan aspek pengetahuan (Knowledge aspec) dikumpulkan melalui kuesioner (questionnaire) dan soal (test). Validitas instrumen diuji dengan menggunakan validitas butir dengan rumus Product Moment dari Pearson sedangkan untuk mengetahui reliabilitas digunakan rumus Alpha-cronbach. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan Teknik analisis korelasi dengan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dengan uji One-Sample Kolmogorov-Smirnov test, Uji homogenitas dengan uji Levene Statistics, Uji Linieritas dengan uji F. Berdasarkan hasil pengolahan analisis data dan penelitian diperoleh kesimpulan ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar (learning motivation) dan aspek pengetahuan (Knowledge aspec) pendidikan agama islam pada siswa kelas VIII SMP Yamad jatisampurna kota bekasi jawa barat tahun pelajaran 2022/2023 dengan menggunakan rumus product moment. Dari perhitungan tersebut diperoleh r hitung lebih besar dari r tabel. r hitung sebesar 4,043 sedangkan r tabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 1,696. Dengan demikian nilai r hitung lebih besar dari r tabel pada taraf signifikansi 5% (4,043 > 1,696). Hasil penelitian ini menunjukkan hasil yang positif dan signifikan yaitu dengan kontribusi sebesar 34,5%. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar (learning motivation) sangat erat hubungannya dengan aspek pengetahuan (Knowledge aspec) pendidikan agama islam pada siswa kelas VIII SMP Yamad Jatisampurna kota Bekasi Jawa Barat tahun pelajaran 2022/2023. Kata Kunci: motivasi belajar (learning motivation), aspek pengetahuan.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
SurveyorLubis, Rabiyannur0413016001
Keywords / Kata Kunci: MOTIVASI BELAJAR (motivation), APEK PENGETAHUAN (knowledge aspect)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Faculty: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Mr. Muhammad Iqbal Sanusi
Date Deposited: 23 Oct 2009 20:49
Last Modified: 23 Oct 2009 20:49
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/6107

Actions (login required)

View Item View Item