PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA INDONESIA KELAS V SDN JATIWARNA IV

Rahmah, Adinda Febriana (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA INDONESIA KELAS V SDN JATIWARNA IV. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I PDF.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB II PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (877kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V PDF.pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf

Download (412kB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh masalah keterampilan menyimak siswa yang masih rendah di kelas V SDN Jatiwarna IV. Hasil observasi membuktikan pembelajaran Bahasa Indonesia dalam keterampilan menyimak siswa tergolong sangat rendah. Adapun permasalahannya yaitu : siswa masih kesulitan dalam menceritakan kembali \ isi teks cerita, siswa masih kesulitan dalam memilih ide pokok, siswa masih keliru/salah dalam menyebutkan butir penting; nama tokoh, dan latar tempat, siswa tidak mampu menceritakan kembali apa yang sudah ia simak di dalam sebuah teks cerita. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 3 tahap yaitu melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Jatiwarna IV yang berjumlah 33 siswa, yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah 80% dengan KKM yang telah ditentukan yaitu >75. Dari hasil penelitian diperoleh presentase ketuntasan klasikal pada siklus I yaitu 64% dengan nilai rata-rata 73. Pada siklus II presentase ketuntasan klasikal meningkat menjadi 88% dengan nilai rata-rata 86. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan menyimak siswa dengan menggunakan model Cooperative Script sebesar 24%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Cooperative Script dapat meningkatkan keterampilan menyimak pada siswa kelas V SDN Jatiwarna IV.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDRikmasari, Rima0404108202
UNSPECIFIEDSundari, Kori0404107203
Keywords / Kata Kunci: keterampilan menyimak, cooperative script, bahasa indonesia
Subjects: Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: ms adinda febriana r
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:41
Last Modified: 01 Aug 2024 04:44
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/5775

Actions (login required)

View Item View Item