MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) SEBAGAI SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SD PADA MATA PELAJARAN IPA

Adriany, Deanita (2020) MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) SEBAGAI SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SD PADA MATA PELAJARAN IPA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN Dea.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB 1 Dea.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB 2 Dea.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 Dea.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Dea.pdf

Download (198kB)

Abstract

Karya Tulis Ilmiah (KTI) ini berjudul “Model Children Learning In Science (CLIS) sebagai solusi untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SD pada Mata Pelajaran IPA”. Sains berasal dari kata science yaitu istilah yang mengacu pada masalah-masalah kealaman (natural). Secara sederhana sains didedifinisikan sebagi ilmu pengetahuan yang memperlajari tentang gejala-gejala alam. Sains merupakan bagian dari ilmu pengetahuan yang terdiri dari faktafakta, konsepkonsep, prinsip-prinsip, dan teori-teori yang merupakan pokok dari proses ilmiah. Setiap pembelajaran IPA dimulai dengan judul yang mengacu pada masalah utama yang diajarkan. Dalam kurikulum konsep telah diberikan langsung pada setiap pembelajaran. Pada pembelajaran IPA sekolah dasar diperlukan pengetahuan dasar mengenai konsep yang terkandung dalam setiap unit pembelajaran. Namun pada kenyataannya ketika proses pembelajaran IPA di sekolah dasar masih banyak pembelajaran yang dilaksanakan secara konvensional dimana pembelajaran berpusat pada guru dan berjalan satu arah tanpa melibatkan siswa secara langsung. Pembelajaran yang berlangsung hanya diarahkan pada kemampuan siswa untuk menghafal informasi tanpa dituntut memahami informasi yang diperoleh untuk menghubungkannya dengan situasi dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu alternative yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang inovatif dan media pembelajaran untuk mendukung proses pembelajaran agar situasi pembelajaran menjadi aktif dan bermakna bagi siswa. Salah satu model yang mendukung adalah model pembelajaran Children Learning in Sciense yang disingkat (CLIS) merupakan model yang dilandasi konstruktivisme yang dapat membantu siswa memproleh pembelajaran yang bermakna. Model pembelajaran CLIS merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam berbagai aktivitas belajar sehingga siswa dapat menggali pengetahuannya, menyusun gagasannya, mengkonstruksi gagasan baru melalui pengamatan dan percobaan serta dapat menerapkan gagasan tersebut.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDAningsih, Aningsih0406018202
UNSPECIFIEDSugiharti, Rini Endah0411097804
Keywords / Kata Kunci: Model Children Learning In Science (CLIS), Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Ms. Deanita Adriany
Date Deposited: 18 Jul 2024 03:36
Last Modified: 18 Jul 2024 03:36
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/5546

Actions (login required)

View Item View Item