MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR

Nuraini, Halimah (2022) MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (740kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (328kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (204kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar, dikarenakan pencapaian hasil belajar siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan hasil kajian dari beberapa jurnal, model Predict Observe Explain (POE) dapat menjadi solusi dalam mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literatur Review (SLR) dari 15 jurnal yang berasal dari database google scholar dan onesearch sesuai dengan kriteria inklusi yaitu, variabel X dan Y (model pembelajaran predict observe explain terhadap hasil belajar), mata pelajaran IPA, subjek siswa sekolah dasar, jurnal penelitian dipublikasikan 8 tahun terakhir (2013-2021) dan menggunakan Bahasa Indonesia. Hasil dan pembahasan dari penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap hasil belajar IPA, diterapkan di kelas IV dengan memperoleh hasil rata-rata sebesar 60,53, sedangkan di kelas V memperoleh hasil rata-rata sebesar 61,20. Untuk itu model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa dan direkomendasikan untuk diterapkan di kelas tinggi, hal ini dikarenakan siswa yang berada di kelas tinggi akan memiliki daya pikir yang lebih matang, lebih fokus serta mampu berpikir logis, dan mampu bekerja sama dalam kelompok. Berdasarkan hasil analisis dan review jurnal yang ditemukan sebagai bahan kajian, dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) efektif dalam peningkatan hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. Kata Kunci : Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE), Hasil Belajar IPA, Siswa Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDSundari, KoriUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDRikmasari, RimaUNSPECIFIED
Keywords / Kata Kunci: Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE), Hasil Belajar IPA, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: Deskriptif
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 16 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2022 07:24
Last Modified: 12 Aug 2022 07:24
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/552

Actions (login required)

View Item View Item