MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR

Mayang, Mayang (2022) MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45"Bekasi.

[img] Text
1. Pendahuluan Mayang.pdf

Download (206kB)
[img] Text
2. BAB I Mayang.pdf

Download (211kB)
[img] Text
3. BAB II Mayang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III Mayang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV Mayang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V Mayang.pdf

Download (9kB)
[img] Text
7. Daftar Pustaka .pdf

Download (217kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kendala yang terjadi pada siswa dalam menulis karangan deskripsi yaitu tipe penulisan siswa hampir sama, tidak menggunakan spasi, bentuk huruf yang masih belum sesuai dengan PUEBI serta tanda baca yang kurang tepat dan siswa masih sulit untuk menuliskan kata-kata awal yang sesuai dan menentukan alur tulis yang runtut. Berdasarkan penelitian jurnal sebelumnya model picture and picture menjadi solusi yang dapat digunakan. Tujuan penelitian ini untuk melihat gambaran pelaksanaan model picture and picture dalam menulis karangan deskripsi siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Riview (SLR) dari 14 jurnal yang berasal dari data base google scholar. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data dengan menggunakan berbagai jurnal yang berkaitan dengan variabel penelitian yang diperlukan. Sumber data yang digunakan penelitian ini yaitu jurnal yang berkaitan mengenai penerapan model picture and picture untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi mata pelajaran bahasa Indonesia siswa sekolah dasar. Artikel yang digunakan memiliki kriteria yaitu 10 tahun terakhir pada 2012 -2013. Berdasarkan 14 hasil dan pembahasan penerapan model picture and picture terhadap menulis karangan deskripsi mata pelajaran bahasa Indonesia siswa sekolah dasar, terbukti dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi. Adapun permainan yang digunakan dalam penerapan model picture and picture yaitu “siapa cepat,dia dapat” dalam permainan ini agar dapat mempermudah siswa dalam memahami apa yang dimaksudkan oleh guru ketika menyampaikan materi pembelajaran serta siswa akan cepat tanggap atas materi yang disampaikan karena diiringi dengan gambar-gambar. Kata Kunci : Model Picture And Picture, Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi, Siswa Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDSundari, KoriUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDRikmasari, RimaUNSPECIFIED
Keywords / Kata Kunci: Model Picture And Picture, Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: Deskriptif
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 16 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2022 07:18
Last Modified: 12 Aug 2022 07:18
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/549

Actions (login required)

View Item View Item