PERAN PENDIDIK DALAM MENSTIMULUS MINDSET SUKSES BELAJAR ANAK (Studi Kasus: Pesantren Tahfidz Maskanul Huffadz Pusat Bintaro)

ISNAENI, MUFLIHATUL (2024) PERAN PENDIDIK DALAM MENSTIMULUS MINDSET SUKSES BELAJAR ANAK (Studi Kasus: Pesantren Tahfidz Maskanul Huffadz Pusat Bintaro). Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
PENDAHULUAN SKRIPSI MI.pdf

Download (841kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI MI.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI MI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III SKRIPSI MI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV SKRIPSI MI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V SKRIPSI MI.pdf

Download (112kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI MI.pdf

Download (195kB)

Abstract

ABSTRAK Muflihatul Isnaeni. 41182911200049. PERAN PENDIDIK DALAM MENSTIMULUS MINDSET SUKSES BELAJAR ANAK (Studi Kasus: Pesantren tahfidz Maskanul Huffadz Pusat Bintaro). Program Studi Pendidikan Agama Islam. Universitas Islam 45 Bekasi. (1445 H/2024 M). (117 halaman skripsi dan 9 halaman lampiran). Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pemahaman, strategi, faktor pendukung dan kendala pendidik dalam menstimulus mindset sukses belajar anak di Pesantren Tahfidz Maskanul Huffadz Pusat Bintaro. Metodologi penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif-deskriptif metode observasi, wawancara, dokumentasi jenis penelitian lapangan. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pendidik dalam menstimulus mindset sukses belajar merupakan hal yang sangat penting, sebab di tangan pendidiklah masa depan peserta didik dapat terarah. Sebagaimana yang telah peneliti lakukan di Pesantren Tahfidz Maskanul Huffadz Pusat Bintaro, bahwasannya para pendidik di tempat penelitian tersebut sudah berhasil dalam menstimulus mindset sukses belajar. Dibuktikan dengan menghasilkan generasi-generasi Qur’ani, yang tidak hanya pandai dari segi ilmu dunia saja melainkan akhiratnya juga. Berkat ilmu agama ini, peserta didik berhasil melanjutkan pendidikan hingga ke luar negeri seperti Cairo, Mesir, Turki, dan lain-lain. Para pendidik sebagai alumni Maskanul Huffadz yang tersebar di berbagai cabang dalam dan luar negeri, sehingga sangat profesional dalam mendidik. Berbagai macam strategi telah diterapkan seperti pendekatan personalisasi, pemberian motivasi, penguatan pola pikir, pergantian metode dan pendidikan karakter. Selain itu terdapat faktor pendukung di dalamnya yaitu lingkungan qur’ani dengan fasilitas yang memadai, dukungan orangtua. Tidak dapat dipungkiri, dalam menstimulus mindset sukses belajar juga terdapat tantangan tersendiri yaitu peserta didik yang merasa tidak yakin, tidak sanggup, ragu hingga timbul rasa malas dalam menghafal Al-Qur’an, pencapaian yang tidak sesuai dengan targetnya. Hal ini membuat pendidik terus melakukan evaluasi dengan melihat setiap target peserta didik di setiap pekannya dari data pendidiknya per-halaqah. Jika ada yang belum mencapai target maka dilakukan diskusi bersama untuk mencapai solusi terbaik, seperti perubahan metode dari yang awalnya harus sudah bisa menghafal sendiri dengan target 1 hari 4 halaman namun perlu diperbaiki dengan talaqqi bersama pendidiknya dan diberi keringanan menghafal 15 baris (blok) atau 1 ayat terlebih dahulu. Sehingga dalam hal ini peran pendidik sangat dipentingkan dalam menstimulus mindset sukses belajar, terkhusus di Pesantren Tahfidz Maskanul Huffadz Pusat Bintaro dengan target mutqin 30 juz Al-Qur’an. ABSTRACK Muflihatul Isnaeni. 41182911200049. THE ROLE OF EDUCATORS IN STIMULUSING CHILDREN'S LEARNING SUCCESSFUL MINDSET (Case Study: Tahfidz Maskanul Huffadz Islamic Boarding School, Bintaro Center). Islamic education study program. Islamic University 45 Bekasi. (1445 H/2024 M). (117 thesis page and 9 attachment page). The aim of the research is to find out how educators understand, strategies, supporting factors and constraints in stimulating children's successful learning mindset at the Tahfidz Maskanul Huffadz Islamic Boarding School, Bintaro Center. The research methodology used is a qualitative-descriptive approach, observation methods, interviews, field research documentation. Data analysis techniques are carried out by reducing data, presenting the data and then drawing conclusions. The research results show that the role of educators in stimulating a mindset for successful learning is very important, because it is in the hands of educators that students' futures can be directed. As researchers have done at the Tahfidz Maskanul Huffadz Islamic Boarding School, Bintaro Center, the educators at the research site have succeeded in stimulating a mindset for successful learning. Proven by producing generations of Qur'ani, who are not only clever in terms of worldly knowledge but also in the afterlife. Thanks to this religious knowledge, students succeeded in continuing their education abroad such as Cairo, Egypt, Turkey, and others. The educators are Maskanul Huffadz alumni who are spread across various branches at home and abroad, so they are very professional in educating. Various strategies have been implemented such as personalization approaches, providing motivation, strengthening mindsets, changing methods and character education. Apart from that, there are supporting factors in it, namely a Qur'anic environment with adequate facilities, parental support. It cannot be denied that in stimulating a mindset for successful learning, there are also challenges in itself, namely students who feel unsure, incapable, doubtful and feel lazy in memorizing the Qur'an, and achievements that are not in line with their targets. This makes educators continue to evaluate by looking at each student's target each week from the teacher's data per halaqah. If someone has not reached the target then a joint discussion is held to reach the best solution, such as changing the method from initially having to be able to memorize it yourself with a target of 1 day and 4 pages but this needs to be corrected with talaqqi with the teacher and given relief in memorizing 15 lines (block) or 1 verse first. So in this case the role of educators is very important in stimulating a mindset for successful learning, especially at the Tahfidz Maskanul Huffadz Central Bintaro Islamic Boarding School with a target of mutqin 30 juz of the Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDHASIBUAN, AKMAL RIZKI GUNAWAN0410049201
Keywords / Kata Kunci: Peran Pendidik, Mindset Sukses, Peserta Didik. Keywords : Role of Educators, Success Mindset, Student.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Faculty: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Ms. Muflihatul Isnaeni
Date Deposited: 08 Jul 2024 08:23
Last Modified: 08 Jul 2024 08:23
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/5462

Actions (login required)

View Item View Item