Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Di SDN Jatirasa III Bekasi

Ardhana, Syafa Lintang (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Di SDN Jatirasa III Bekasi. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (865kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial menjadi salah satu pelajaran yang wajib dipelajari siswa yang diambil dari kehidupan sosial. Namun, metode pembelajaran IPS yang umum digunakan adalah model ceramah sehingga siswa kurang terlibat dan efektif. Terdapat model yang lebih efektif.dibandingkan model ceramah yang mampu mempengaruhi proses pembelajaran dan hasil belajar siswa yaitu model NHT.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN Jatirasa III Bekasi yang menggunakan model pembelajaran Number Head Together, hasil belajar IPS siswa kelas V di yang tidak menggunakan model pembelajaran Number Head Together dan pengaruh model pembelajaran Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar IPS kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Hasil belajar siswa kelas V.3 SD Negeri Jatirasa III Kota Bekasi dengan menggunakan model pembelajaran NHT pada kelas eksperimen rata - ratanya adalah 80. Dimana rata-rata hasil sebelum dilaksanakan pembelajaran adalah 69,2. Sehingga terjadi peningkatan hasil rata-rata sebesar 10,8. 2) Hasil belajar siswa kelas V.2 SD Negeri Jatirasa III Kota Bekasi dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing pada kelas kontrol rata-ratanya adalah 76,1. Dimana rata-rata hasil sebelum dilaksanakan pembelajaran adalah 66,3 Sehingga terjadi peningkatan hasil rata-rata sebesar 9,8. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi 8,179 > 1,708. Kata Kunci : Hasil belajar IPS, dan model Numbered Heads Together (NHT)

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDAningsih, Aningsih0406018202
UNSPECIFIEDNajwan, M. Rasis0405129105
Keywords / Kata Kunci: Hasil belajar IPS, dan model Numbered Heads Together (NHT)
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Umum dan Karakter
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Ms. Syafa Lintang
Date Deposited: 15 Feb 2024 06:43
Last Modified: 15 Feb 2024 06:43
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/4913

Actions (login required)

View Item View Item