Analisis Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Nurohmah, Padila (2024) Analisis Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (859kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB)

Abstract

Nama : Padila Nurohmah Program Studi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar Judul : Analisis Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan metode problem solving untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan yaitu Systematic Literature Review (SLR) dari 21 jurnal yang berasal dari database google scholar dan garuda yang sesuai dengan kriteria inklusi yaitu, variabel X dan Y (metode problem solving dan hasil belajar), mata pelajaran matematika, subjek siswa sekolah dasar, jurnal di publikasikan 10 tahun terakhir yaitu (2013-2023) dan sumber data berasal dari artikel ilmiah yan berada pada jurnal. Rendahnya hasil belajar matematika karena kebanyakan siswa mengalami kesulitan saat memahami materi dan mengerjakan soal matematika. Sehingga metode problem solving dapat dijadikan sebagai alat bantu untuk mengatasi rendahnya hasil belajar matematika di sekolah dasar dengan belajar untuk memahami suatu permasalahan yang terdapat di soal matematika. Hasil pembahasan di kelas rendah dan kelas atas terdapat persamaan dari langkah-langkah pembelajaran. Dari hasil peningkatan dan perbandingan maka peningkatan hasil belajar lebih tinggi di kelas atas, maka metode problem solving sangat cocok digunakan di kelas atas karena siswa sudah bisa berdiskusi dengan teman sekelompoknya. Untuk para peneliti selanjutnya jika ingin menggunakan metode problem solving direkomendasikan untuk diterapkan di kelas tinggi. Penilaian hasil belajar pada kelas tinggi dilihat dari siswa bekerja sama dalam kelompok dan tes tertulis dengan soal yang diberikan oleh guru. Sehingga guru dapat mengetahui sejauh mana pemahaman siswa dari hasil belajar. Kata Kunci : metode problem solving, hasil belajar matematika, sekolah dasar

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDSugiharti, Rini Endah0411097804
UNSPECIFIEDAnisa, Ririn Nurcholidah0426109202
Keywords / Kata Kunci: metode problem solving, hasil belajar matematika, sekolah dasar
Subjects: Deskriptif
Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: ms PADILA NUROHMAH
Date Deposited: 13 Feb 2024 04:17
Last Modified: 13 Feb 2024 04:17
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/4886

Actions (login required)

View Item View Item