UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATAN BUDAYA LITERASI DI SMP PESANTREN MIFTAHUL ULUM

Safira, Selfi (2024) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATAN BUDAYA LITERASI DI SMP PESANTREN MIFTAHUL ULUM. Sarjana (S1) thesis, Universitas 45 Bekasi.

[img] Text
01 COVER PENDAHULUAN.pdf

Download (864kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (741kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (973kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (920kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (508kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (532kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang sebuah fenomena atau kejadian lunturnya budaya literasi karena minat literasi siswa/i di indonesia masih sangat minim. Dalam fenomena ini guru Pendidikan Agama Islam (PAI) mengupayakan untuk dapat meningkatkan budaya literasi pada siswa/i. Tujuan di lakukannya penelitian ini ialah untuk dapat mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan budaya literasi di SMP Pesantren Miftahul Ulum, Setu Burangkeng Kab. Bekasi. Untuk mengetahui budaya literasi di SMP Pesantren Miftahul Ulum selama ini. Untuk menganalisis upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan budaya literasi SMP pesantren Miftahul Ulum. Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan budaya di SMP pesantren Miftahul Ulum. Penelitan ini ialah penelitian kualitatif deskriptif dan cenderung menggunakan analis yang mendalam. Sumber data yang paling utama ialah Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan siswa SMP kelas VII-IX serta dokumen/website sekolah sebagai sumber tambahan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian : a). Pembiasaan literasi sebelum mata pelajaran berlangsung selama 10-15 menit. b). Mengadakan Gerakan Literasi tahunan yang di selenggarakan setiap bula oktober. c). Faktor pendukung dari lembaga pemerintahan, guru, orang tua serta sarana dan prasaran yang sangat memadai sekali. Faktor penghambat tingkat kesadaran siswa-siswi yang masih sangat minim.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDHasibuan, Akmal Rizki Gunawan0410049201
Keywords / Kata Kunci: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam, Budaya literasi
Subjects: Pendidikan
Faculty: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Selfi Safira
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:50
Last Modified: 26 Jan 2024 02:50
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/4733

Actions (login required)

View Item View Item